Beragam cara menurunkan berat badan dengan cepat dan aman
Hindari diet ekstrim yang membahayakan kesehatan Anda

Menjaga berat badan yang ideal menjadi dambaan setiap orang. Akan tetapi, pastikan Anda melakukannya dengan aman. Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat dan aman? Simak cara-cara berikut ini:

1. Membuat Rencana

Kunci diet sehat yang sukses adalah membatasi atau memotong kalori sesuai kebutuhan harian. Jika Anda memotong terlalu banyak kalori, tubuh akan lemas dan tak bertenaga. Oleh karena itu, buatlah rencana diet dengan beberapa tips berikut.

  • Mengurangi porsi makanan secara bertahap
  • Cari tahu berapa banyak kalori yang Anda konsumsi, kurangi sedikit.
  • Baca label makanan untuk mengetahui jumlah kalori dalam setiap penyajian.
  • Minum lebih banyak air agar Anda tidak tersiksa rasa lapar.

Apapun jenis diet yang Anda pilih untuk menurunkan berat badan dengan cepat, pastikan untuk mengonsumsi jenis makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, gandum utuh, dan protein tanpa lemak.

2. Temukan Dukungan

Di era digital, Anda bisa menemukan banyak aplikasi diet yang membantu menurunkan berat badan. Cukup pasang di smartphone dan ikuti rencana diet Anda. Agar tetap termotivasi, mintalah keluarga atau teman-teman untuk turut mendukung usaha Anda.

Selain itu, tidak ada salahnya bergabung dengan komunitas diet yang ada di sekitar tempat tinggal Anda atau di internet. Komunitas ini akan saling membantu bersama-sama dan memberikan dukungan agar tetap menjalankan diet sesuai rencana.

Jika berhasil, Anda bisa berbagi cara menurunkan berat badan yang efektif dan aman. Orang lain tentu akan senang mendengar pengalaman Anda menurunkan berat badan dengan cepat dan terinspirasi untuk melakukan cara yang sama.

3. Cari Tahu Apa yang Mendorong Anda untuk Makan

Saat kita berada di arisan atau kumpul bersama teman, tentu salah satu acara utama yang dilakukan adalah makan-makan. Dari sinilah, kalori yang Anda konsumsi meningkat drastis, meski mungkin Anda tidak sepenuhnya lapar.

Sudah seharusnya Anda mengetahui apa yang membuat Anda ingin makan. Dan jika Anda sedang tidak lapar, maka carilah alternatif lain untuk mencegah masuknya kalori berlebihan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi pemicu keinginan makan berlebih. Apakah Anda stres, marah, kecemasan, atau depresi? Atau, apakah Anda hanya ingin sekadar menghadiahi diri makanan untuk merayakan keberhasilan.

Langkah selanjutnya adalah perhatikan kapan perasaan itu hadir. Alihkan fokus Anda ke hal lain ketimbang hanya memikirkan makanan. Contohnya seperti jalan-jalan, membaca buku, atau melakukan aktivitas lain.

Terakhir, jangan menghadiahi diri Anda dengan makanan. Pilih opsi lain yang berbeda agar Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Tips di atas dapat menjadi panduan Anda untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Selamat berjuang!

WebMD. https://www.webmd.com/diet/lose-weight-fast#1
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345.php
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed