Kacang merupakan sumber dari shea butter
Manfaat shea butter bukan hanya baik untuk kecantikan tapi bisa untuk makanan juga

Shea butter sering digunakan sebagai komposisi produk perawatan kulit dan wajah. Tapi mungkin tak pernah menyangka jika shea butter dapat digunakan dalam makanan.

Di samping manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit, shea butter juga berkhasiat untuk mengatasi nyeri otot dan mengatasi ketombe. Kira-kira apa saja manfaat shea butter lainnya?

Manfaat shea butter yang patut dicoba

Shea butter adalah dari lemak kacang pohon shea. Meskipun termasuk produk dari kacang-kacangan, tetapi shea butter biasanya aman untuk segala jenis kulit dan tidak memicu reaksi alergi pada penderita alergi kacang.

Ini disebabkan oleh shea butter memiliki kadar protein yang sedikit sehingga jarang memicu alergi kacang-kacangan. Selain itu, shea butter juga tidak membuat kulit Anda berminyak sesudah pemakaian. Berikut adalah beberapa manfaat shea butter yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Melembapkan kulit

Manfaat shea butter yang sudah dikenal adalah melembapkan kulit dengan kandungan asam lemaknya yang mudah meresap dan mencegah kulit menjadi kering, serta memperbaiki lapisan luar dari kulit.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen penting untuk menjaga kesehatan kulit, salah satu manfaat shea butter adalah menghalangi kerusakan serat kolagen dalam kulit yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih padat.

3. Mencegah jerawat

Meskipun shea butter mengandung asam lemak yang sesaat terlihat dapat meningkatkan kadar minyak dalam kulit, faktanya shea butter justru bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih di kulit dan membantu mencegah munculnya jerawat.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Meskipun tidak dapat digunakan secara sendiri sebagai sunscreen, tetapi Anda dapat melapisi tambahan shea butter di kulit yang sudah diolesi sunscreen untuk meningkatkan proteksi terhadap sinar matahari. Shea butter diperkirakan memiliki SPF 3 sampai 4.

5. Menanggulangi sunburn 

Tidak hanya sebagai pelindung tambahan sunscreen, manfaat shea butter yang menarik adalah mengatasi sunburn atau terbakarnya kulit akibat sinar matahari berlebih.

Senyawa antiradang dalam shea butter mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan, sementara kandungan asam lemaknya dapat melembapkan kulit yang terkena sunburn.

Akan tetapi, penelitian tambahan perlu dilakukan untuk menguji khasiat shea butter dalam mengatasi sunburn.

6. Mengurangi bekas luka dan stretch mark

Bekas luka dan stretch mark dapat merusak penampilan, untungnya salah satu manfaat shea butter adalah menyamarkan bekas luka dan stretch mark dengan cara menghentikan terbentuknya jaringan parut dan meningkatkan produksi sel kulit yang sehat.

7. Mengatasi nyeri otot

Nyeri otot sehabis olahraga? Oleskan saja shea butter di tempat yang terasa nyeri. Shea butter bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot akibat penggunaan berlebih.

8. Meringankan kondisi kulit tertentu

Beberapa kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan sebagainya dapat dibantu dengan mengoleskan shea butter yang dapat mengurangi rasa gatal dan melembutkan kulit.

9. Mengurangi kerutan di kulit

Tidak hanya bekas luka dan stretch mark, manfaat shea butter lainnya adalah untuk menyamarkan kerutan di kulit. Meningkatkan sel kulit baru dan kolagen dapat mengurangi kemunculan kerutan akibat faktor luar dan usia.

10. Mengatasi gigitan serangga 

Dari gigitan serangga sampai sengatan lebah, shea butter dipercaya sejak zaman dahulu untuk mengurangi pembengkakan akibat gigitan atau sengatan serangga. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat shea butter ini.

11. Menanggulangi hidung tersumbat

Siapa sangka, shea butter ternyata dapat meringankan hidung yang tersumbat karena dapat mengurangi peradangan di bagian dalam hidung saat sedang pilek atau alergi.

12. Mengurangi dampak radang sendi

Radang sendi atau artritis menyebabkan peradangan yang dapat merusak sendi. Shea butter yang memiliki kandungan antiradang diyakini dapat mengurangi peradangan akibat artritis dan mencegah kerusakan pada sendi.

13. Membantu regenerasi sel kulit

Kandungan antioksidan dan khasiat shea butter dalam melembapkan kulit berperan dalam membantu pembentukan sel kulit baru dan mengurangi sel-sel kulit mati.

14. Membantu penyembuhan luka

Senyawa asam lemak pada shea butter dapat melindungi luka dari iritasi dan mengurangi peradangan. Selain itu, shea butter juga bermanfaat untuk meningkatkan proses pembentukan jaringan baru di kulit.

15. Mencegah kerapuhan rambut

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi terdapat senyawa dalam shea butter yang dapat membuat rambut lebih kuat dan mengurangi kerentanannya untuk patah atau rontok.

16. Mencegah ruam popok 

Di dalam shea butter terdapat senyawa antijamur dan antiradang yang dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi ruam popok pada Si Kecil akibat jamur. Shea butter juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel kulit.

17. Mengatasi ketombe

Punya masalah dengan ketombe? Coba gunakan shea butter yang dapat melembapkan kulit kepala dan mengurangi iritasi. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak riset untuk memastikan manfaat shea butter yang satu ini.

18. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kandungan vitamin A dan E yang tinggi antioksidan berkontribusi untuk melindungi sel kulit Anda dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit dan membuat kulit menjadi kusam.

19. Anti-aging alami

Manfaat shea butter yang menggiurkan adalah dapat menjadi anti-aging alami untuk kulit. Hal ini karena shea butter mampu meningkatkan regenerasi kulit dan melembutkannya.

Efek samping dari shea butter

Secara umum, manfaat shea butter dapat dirasakan oleh semua orang secara aman, bahkan untuk orang yang mengalami alergi kacang.

Namun, segera hentikan pemakaian shea butter dan konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami reaksi alergi berupa sesak napas, serta rasa nyeri dan bengkak di kulit.

Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/raw-shea-butter/
Diakses pada 28 Januari 2020

Healthline. healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-shea-butter#antioxidant
Diakses pada 28 Januari 2020

Artikel Terkait