logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

17 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

open-summary

Manfaat olahraga renang antara lain adalah menyehatkan jantung, membakar kalori, meringankan gejala asma, hingga mengurangi stress.


close-summary

9 Sep 2019

| Grace Ratnasari

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat renang untuk kesehatan antara lain menyehatkan jantung dan mengurangi stres

Manfaat renang bagi tubuh salah satunya membentuk otot tangan dan punggung

Table of Content

  • Ini 16 manfaat renang 
  • Cara agar tetap termotivasi untuk rutin berenang

Manfaat berenang untuk kesehatan tubuh biasanya dikaitkan dengan menambah tinggi badan atau membentuk otot punggung. Namun, olahraga ini sebenarnya punya pengaruh yang jauh lebih luas daripada itu. 

Advertisement

Renang termasuk sebagai olahraga kardio. Artinya, jika dilakukan secara teratur, renang akan membuat jantung menjadi lebih sehat. Manfaat renang juga tak hanya terbatas pada fisik sebab olahraga air ini dipercaya bisa menurunkan kadar stres. 

Ini 16 manfaat renang 

Berikut ini manfaat renang bagi kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan:

Manfaat renang bisa melatih seluruh tubuh
Renang bisa melatih berbagai posisi otot

1. Menambah energi 

Untuk Anda yang dalam keseharian sering lemas atau kekurangan energi untuk beraktivitas, salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan berenang secara rutin. Berenang akan sangat membantu orang yang punya gaya hidup tidak aktif atau sendentari untuk memiliki energi yang lebih.

Hanya dengan berenang 30 menit tiga kali seminggu, Anda sudah bisa merasakan perbedaannya pada tingkat energi di tubuh karena meningkatnya proses metabolisme.

2. Melatih seluruh tubuh

Ketika berenang, Anda akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut. Meski begitu, renang adalah olahraga dengan intensitas rendah, sehingga aman untuk dilakukan hampir semua orang apapun tingkat kebugarannya.

Karena ada perbedaan tekanan antara darat dan air, maka tubuh akan terasa lebih ringan ketika kita berada di kolam. Jadi kalau Anda adalah pemula yang ingin mulai lebih banyak melakukan aktivitas fisik, maka berenang bisa jadi salah satu pilihan. 

3. Membakar kalori dalam tubuh

Renang juga cocok dijadikan olahraga untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, saat berenang, akan ada cukup banyak kalori yang dibakar. Apalagi, tubuh terasa lebih ringan ketika kita berada di dalam air. Ini membuat pergerakan menjadi lebih leluasa dan kita tidak cepat lelah. Padahal, pembakaran kalori yang terjadi sama antara darat dan air.

Tapi perlu diingat bahwa jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

Sebagai contoh, orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama 30 menit dikatakan mampu membakar hingga 226 kilo kalori. Luar biasa, bukan?

4. Memperkuat sistem kardiovaskular

Sebagai salah satu latihan kardio, renang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular yang terdiri dari jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Jika Anda berenang secara teratur, maka otot jantung dan paru-paru akan lebih kuat. Hal ini membuat sistem pernapasan jadi lebih sehat. 

5. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

Manfaat renang baik untuk orang yang sedang cedera
Renang baik untuk orang yang sedang cedera

6. Baik untuk orang yang cedera

Ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh. Dengan ini, sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat dibanding jika kita berolahraga di darat. Hal ini membuat renang sering direkomendasikan bagi orang yang punya riwayat cedera.

Selain itu, renang juga baik untuk Anda yang memiliki radang sendi. Bahkan, renang juga dijadikan salah satu cara untuk terapi fisik bagi orang-orang dengan disabilitas.

7. Olahraga ramah difabel

Para difabel tidak memiliki pilihan aktivitas olahraga sebanyak orang yang normal. Renang merupakan jenis olahraga yang baik untuk dilakukan oleh para difabel.

Selain melatih otot, berenang juga dikatakan dapat meningkatkan kepercayaan diri maupun meningkatkan keterampilan sosial bagi kaum para penyandang cacat.

8. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma

Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu Anda dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma.

Meski demikian, bahan disinfektan yang biasanya terdapat dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk para penderita asma. Karena itu, mereka disarankan untuk berhati-hati.

9. Meringankan gejala penyakit multiple sclerosis

Studi tertentu menemukan bahwa rasa sakit pada penderita multiple sclerosis dapat berkurang jika menjalani program berenang secara rutin selama 20 minggu. Perbaikan kondisi juga ditemukan pada menurunnya tingkat depresi dan rasa lelah yang berkaitan dengan penyakit ini.

Olahraga berenang dapat menghilangkan rasa pegal dan nyeri bagi ibu hamil
Manfaat renang juga bisa dirasakan ibu hamil

10. Aman dilakukan saat sedang hamil

Bertambahnya berat badan selama masa kehamilan tak jarang membuat para ibu hamil sering merasa pegal dan nyeri pada bagian otot dan sendi. Jangankan jalan kaki, tidur pun rasanya sulit.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, olahraga renang dapat menjadi pilihan yang baik agar ibu hamil tetap sehat. Manfaat renang bagi tubuh ibu hamil bisa diperoleh berkat air yang membantu dalam menahan beban tubuh ketika ibu hamil sedang berenang.

11. Meningkatkan suasana hati (mood)

Tak hanya untuk kesehatan fisik, renang juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Sebab ketika Anda berolahraga, tubuh melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon yang berperan untuk meningkatkan suasana hati sehingga sering juga disebut sebagai hormon kebahagiaan.

12. Membantu dalam mengendalikan stres

Berenang dapat membuat tubuh lebih rileks. Dengan ini, perasaan cemas dan stres pun bisa berkurang. Selama berenang, Anda juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang Anda hadapi.

13. Membantu dalam mengatasi masalah gangguan tidur

Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin. Berenang dikatakan bisa meningkatkan kualitas tidur mereka.

Berenang merupakan olahraga yang cocok dilakukan bersama anak
Berenang bersama anak-anak tentu dapat menjadi agenda mingguan yang menyenangkan

14. Cocok untuk segala usia

Berapapun usia Anda, tidak ada batasan umur untuk Anda belajar berenang. Jadi, tak perlu khawatir jika Anda baru mulai belajar berenang saat sudah tidak muda lagi.

15. Keterampilan yang penting untuk dimiliki

Kita tidak tahu kapan kecelakaan atau musibah akan terjadi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila Anda menambahkan kemampuan berenang untuk berjaga-jaga.

16. Tidak membosankan

Renang termasuk olahraga dengan banyak variasi gerakan. Karena itu, berenang tidak akan membosankan. Ini akan membuat Anda lebih semangat saat berolahraga dan termotivasi untuk melakukannya secara teratur. Pada akhirnya, kesehatan tubuh akan tetap terjaga tanpa perlu melewati aktivitas fisik yang memberatkan.

17. Olahraga yang terjangkau

Anda tidak harus punya kolam renang di rumah untuk mendapatkan manfaat renang bagi tubuh. Banyak sekali fasilitas kolam renang umum yang bisa menjadi pilihan Anda.

Biaya masuk kolam renang yang terbuka untuk umum pun biasanya tergolong tidak mahal. Jadi, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Yang perlu Anda perhatikan ketika berenang di kolam umum adalah kebersihan dan keamanannya. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa mengenakan sandal jepit ketika berjalan di pinggir kolam atau di kamar mandi umum yang tersedia. Langkah ini akan menghindarkan Anda dari penularan penyakit kulit yang mungkin bersarang di sana.

Baca Juga

  • Begini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami
  • Kesehatan di Tahun Baru Imlek, 3 Shio Ini Perlu Waspada
  • Ini Tingkatan Sabuk Karate dan Artinya

Cara agar tetap termotivasi untuk rutin berenang

Manfaat renang di atas tentu hanya bisa dicapai apabila Anda melakukannya secara teratur. Sayangnya, terkadang motivasi untuk berolahraga menurun seiring berjalannya waktu. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda bisa terus semangat untuk berenang secara rutin: 

1. Berenang bersama-sama

Jika sudah berkeluarga, Anda bisa mengajak pasangan dan anak-anak untuk ikut berenang bersama Anda. Renang dapat menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

Bagi yang masih lajang, Anda dapat mengajak teman-teman dekat untuk berenang bersama. Anda dapat saling memberikan semangat agar tetap menjalani rutinitas berenang.

2. Mengikuti klub berenang

Dengan bergabung dalam klub renang, Anda akan mendapat banyak teman baru, meningkatkan kemampuan berenang, dan terus termotivasi untuk berolahraga secara teratur.

3. Jadikan renang sebagai sebuah kebiasaan

Sediakan waktu Anda untuk berenang, misalnya di akhir pekan atau sepulang kerja. Buatlah catatan atau agenda dalam ponsel untuk mengingatkan Anda akan jadwal berenang.

Dengan mengetahui beragam manfaat renang bagi tubuh di atas, Anda bisa mulai melakukannya kapan saja. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ini agar kesehatan senantiasa terjaga.

Advertisement

olahragatips olahragaberenang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved