13 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Apakah Mungkin?

Jujur terhadap diri sendiri tentang apa yang ingin kamu makan juga menjadi cara efektif.
Merubah ukuran piring juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Terlalu sibuk beraktivitas bisa membuat Anda lupa berolahraga, akhirnya berat badan bertambah, perasaan takut akan obesitas pun timbul. Bayangkan saja, banyak penyakit serius seperti diabetes tipe 2, stroke, jantung hingga kanker yang bisa muncul, jika Anda memiliki berat badan berlebih.

Tenang, ternyata ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, yang bisa Anda lakukan, dengan mengubah kebiasaan buruk selama ini.

Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Pertanyaan besar terlintas di benak Anda, bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Memangnya bisa?

Jawabannya, bisa. Banyak cara preventif yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, sekaligus mencegah peningkatan berat badan meninggi di kemudian hari. Tidak hanya itu, cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini juga sudah terbukti efektif.

1. Mengunyah secara perlahan

Mengunyah dengan perlahan dan hati-hati dapat menjadi cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang efektif. Sebab, mengunyah makanan yang ada di dalam mulut secara keseluruhan, bisa membuat Anda makan lebih lambat.

Hal ini terbukti menjadi cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang efektif. Pasalnya, terdapat studi yang menyatakan, mengonsumsi makanan secara terburu-buru, bisa membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Untuk membiasakan mengunyah dengan perlahan, ada baiknya Anda menghitung berapa gigitan sebelum menelan.

2. Gunakan piring lebih kecil untuk makanan tak sehat

Saat ini, piring berukuran besar menjadi tren. Padahal, menggunakan piring besar bisa membuat porsi makanan yang sebenarnya besar, terlihat sedikit.

Sementara itu, menggunakan piring kecil, bisa membuat makanan dengan porsi sedikit, terlihat besar.

Dengan metode ini, coba sajikan makanan tak sehat di piring kecil. Dengan begitu, nafsu makan Anda terhadap makanan sehat akan bertambah.

Selain itu, piring berwarna merah terbukti membuat seseorang mengurangi nafsu makannya. Satu penelitian menjabarkan, orang yang melihat makanan di dalam piring merah, tidak menghabiskannya sebanyak yang ia makan di piring biru atau putih.

Warna merah sering dikaitkan dengan tanda “stop”. Itu juga bisa menyebabkan seseorang lebih sedikit mengonsumsi makanan dari piring merah.

3. Perbanyak konsumsi protein

Protein bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar, dan yang terpenting, membantu menekan konsumsi kalori berlebih.

Satu studi membuktikan, partisipan yang mengonsumsi 30% protein per harinya, bisa mengurangi sampai 441 kalori di hari yang sama. Makanan yang kaya protein, diantaranya dada ayam, ikan, telur, quinoa, dan kacang almond.

4. Simpan makanan tak sehat jauh dari pandangan

Menyimpan makanan tak sehat di tempat yang mudah diraih, terbukti meningkatkan rasa lapar. Sebuah penelitian menjelaskan, jika makanan berkalori tinggi masih disimpan di tempat yang bisa terlihat oleh mata, maka bersiaplah untuk mengalami peningkatan berat badan.

Mulai sekarang, sembunyikan makanan tak sehat jauh dari pandangan Anda. Sebagai gantinya, letakkan buah-buahan dan sayur-sayuran di tempat yang mudah dijangkau.

5. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat bisa meningkatkan rasa kenyang. Terutama serat kental (viscous fiber), yang terbukti bisa membantu menurunkan berat badan.
Makanan seperti kacang-kacangan, biji rami, asparagus dan gandum terbukti mengandung serat kental tinggi.

6. Sering minum air

Sering meminum air bisa mengurangi porsi makan, terutama jika Anda meminumnya sebelum menyantap makanan.

Satu studi memperlihatkan, orang dewasa yang meminum setengah liter air 30 menit sebelum menyantap makanannya, bisa mengurangi rasa lapar. Akibatnya, asupan kalori berkurang.

7. Makan dalam porsi kecil

Menyantap makanan dalam porsi besar, terbukti membuat orang-orang ingin menambah asupan makanannya. Mulai sekarang, sajikan makanan Anda dengan porsi yang tidak berlebih. Dijamin, rasa kenyangnya akan sama seperti mengonsumsi makanan dengan porsi besar.

8. Makan tanpa main gadget

Fokus terhadap makanan yang Anda konsumsi, bisa membantu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Masalahnya, menonton televisi hingga main handphone adalah hobi kebanyakan orang di saat makan. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat Anda “lupa diri” dan mengonsumsi makanan berlebih.

9. Tidur dengan cukup dan hindari stres

Mencukup kebutuhan tidur dan menghindari stres, memiliki dampak baik terhadap kesehatan tubuh, salah satunya berat badan Anda. Anda disarankan untuk tidur minimal 6-8 jam per hari.

Kurang tidur bisa menganggu hormon leptin dan ghrelin yang mengatur nafsu makan, dan meningkatkan kortisol saat stres. Jika hormon ini meningkat, maka rasa lapar akan lebih mudah timbul.

10. Stop konsumsi minuman manis

Minuman manis disebut sebagai hal yang sangat harus dihindari ketika ingin mengurangi berat badan. Jika Anda ingin kurus, sebaiknya hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman manis.

Lebih baik, konsumsi jus, air mineral, kopi hingga teh hijau, yang berkhasiat untuk tubuh Anda.

11. Buat jurnal makanan

Mengetahui jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari, bisa membantu Anda mengontrol diri. Di penghujung hari, jurnal makanan yang sudah Anda isi, bisa menjadi alat untuk “mawas diri”, sehingga tidak makan terlalu banyak lagi.

Baca juga: Menu Diet yang Simple ala Diet Nordik, untuk Jaga Kesehatan

12. Hindari restoran yang “terang” dan berisik

Restoran yang memiliki konsep terang dengan banyak gemerlap lampu, serta menyajikan lagu-lagu bervolume besar, membuat pengunjungnya mengonsumsi lebih banyak kalori, dibandingkan mereka yang suka makan di restoran dengan musik slow.

Jadi, jangan hanya mengidam-idamkan badan yang kurus atau langsing saja, tapi juga tubuh yang sehat. Keduanya bisa diraih dengan mengonsumsi banyak makanan sehat seperti sayur dan buah, serta mengurangi junk food agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Jangan lupa untuk langkah-langkah tersebut.

13. Jujur

Jujur dan mengakui kemauan makan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang terbukti efektif secara ilmiah.

Setiap kali mau ngemil, coba katakan, "Aku tidak lapar, tapi aku akan tetap memakan camilan ini.".

Menurut penelitian, orang yang melakukan hal ini setiap hari dalam waktu seminggu berhasil menurunkan berat badannya.

Menurut seorang dokter, hal ini mampu menangkis "stigma buruk" terkait perilaku makan.

Catatan dari SehatQ:

Selain mengikuti belasan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga di atas, mengumpulkan niat dan motivasi untuk sehat menjadi kunci penting, agar Anda bisa meraih body goals. Walau demikian, jangan mengurangi makanan secara ekstrem, karena tubuh butuh tenaga, apalagi kalau aktivitas Anda segudang.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/obesity/

Diakses pada 1 Oktober 2019

 

Heatlhline. https://www.healthline.com/nutrition/11-ways-to-lose-weight-without-diet-or-exercise#section11

Diakses pada 1 Oktober 2019

 

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/the-7-surprising-ways-to-lose-weight-without-exercise_n_580f7698e4b02444efa56b2f

Diakses pada 1 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed