Setelah Bayi Lahir, Jangan Kaget dengan 12 Perubahan ini Dalam Hidup Anda

Setelah bayi lahir, kebahagiaan dan kesibukan bercampur aduk menjadi satu
Perubahan bayi setelah beberapa bulan setelah lahir

Setelah bayi lahir, kebahagiaan dan kesibukan bercampur aduk menjadi satu. Ritme hidup dan jadwal aktivitas juga akan berubah total bahkan kacau balau, setidaknya untuk beberapa hari atau minggu-minggu pertama. Akan banyak lagi perubahan dan kejutan yang menanti. Siap atau tidak, ini dia 12 perubahan dan kejutan setelah bayi lahir:

1. Kehidupan Sosial Bertambah

Selamat! Anda kini sudah bergabung dengan “komunitas parenting”. Jumlah teman Anda akan bertambah, terutama dari sesama orangtua yang memiliki bayi atau mereka yang tertarik dengan si kecil yang lucu. Nikmati saja pertemanan baru ini!

2. Hubungan Suami Istri Berubah

Setelah bayi lahir, dinamika rumah tangga selalu berubah karena ada tambahan interaksi dengan si kecil. Jangan biarkan perubahan ini membuat hubungan Anda renggang. Siasati dengan baik dan tetap prioritaskan satu sama lain bersama si buah hati.

3. Jadwal Tidur Malam Kacau Balau

Bayi lahir = jadwal tidur orang tua yang berantakan, apalagi untuk beberapa bulan pertama dimana bayi harus rutin disusui setiap selang beberapa jam. Libatkan suami untuk saling bagi tugas dan perbanyak istirahat di siang hari supaya stamina tetap fit.

4. Kunjungan Tamu Mendadak

Banyak yang sudah antri untuk menjenguk Anda dan bayi? Wajar saja karena mereka ingin ikut dalam kebahagiaan spesial ini. Pastikan saja tamu yang datang berkunjung tidak sedang sakit dan sudah mencuci tangan saat hendak memegang bayi.

5. Sibuk Berinteraksi

Mungkin Anda sering dianggap sebagai sosok yang kaku sebelumnya. Namun, hal ini akan berubah karena bayi membutuhkan interaksi melalui banyak ekspresi wajah, intonasi suara, dan gestur berbeda. Demi perkembangan si bayi, jangan malu untuk tampil kocak.

6. Kewalahan & Butuh Pertolongan

Bayi adalah tambahan yang menyenangkan, tetapi dibutuhkan perhatian dan kerja keras untuk menjaganya setiap hari. Jangan sampai tenaga Anda terkuras habis, libatkan juga suami, teman dan anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda.

7. Ngobrol Dengan Bayi

Percaya atau tidak, semakin banyak Anda “ngobrol” dengan bayi, semakin banyak yang akan dipelajarinya. Selain itu, hubungan Anda juga semakin harmonis dan penuh cinta. Tidak perlu obrolan berat, sekedar berceloteh ringan akan sangat baik untuk si bayi.

8. Merasa Bersalah

Anda tidak sendirian jika merasa kurang kompeten, ingin kembali ke masa lajang, atau tidak selalu menikmati momen-momen mengasuh anak. Semua ini adalah hal yang normal setelah bayi lahir. Atasi dengan relaksasi dan yakinkan kalau Anda orang tua terbaik!

9. Dunia Membaca

Banyak buku-buku balita yang ditulis bukan hanya untuk si kecil, tetapi pembelajaran juga bagi orangtua. Jangan heran bila Anda tiba-tiba jatuh cinta dan sering membaca bersama dengan si bayi.

10. Tidak Pernah Sendirian

Terutama untuk ibu-ibu yang mengasuh bayi sendiri, Anda tidak akan punya waktu banyak sendirian. Bahkan, si kecil juga akan menguntit saat Anda menggunakan toilet. Akan tetapi, ini juga berarti bahwa Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mengajari anak secara langsung.

11. Belajar Melepaskan

Setelah bayi lahir, akan banyak pencapaian yang membanggakan, dimulai dari merangkak hingga bisa berlari sendiri. Semakin si anak belajar mandiri, orangtua juga mungkin akan disadarkan tentang pentingnya melepaskan anak untuk tumbuh semakin dewasa.

12. Investasi Finansial

Salah satu kejutan setelah bayi lahir yang paling umum adalah mengetahui bahwa membesarkan membutuhkan biaya yang mahal. Saatnya untuk pintar berinvestasi demi masa depan si kecil.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-top-surprises-of-parenthood
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed