Daftar Makanan dan Minuman Pantangan untuk Diet Sehat

Makanan dan minuman pantangan ini harus dihindari karena tinggi kalori untuk hidup yang lebih sehat
Pizza termasuk makanan pantangan dalam diet sehat, karena tinggi kalori

Ada banyak perdebatan tentang jenis asupan yang tergolong menyehatkan, dan yang tidak. Dalam daftar berikut ini, ada 12 jenis asupan yang secara umum ternyata harus dihindari. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mencegah berbagai penyakit kronis, makanan dan minuman pantangan ini sebaiknya segera disingkirkan dari menu sehari-hari.

Makanan Pantangan

Pizza

Sebagai makanan populer di dunia, pizza ternyata termasuk makanan tidak sehat. Selain terlalu tinggi kalori, bahan-bahan yang digunakan seperti sosis, cenderung tidak baik untuk kesehatan. Apabila memang sangat menyukai pizza, Anda bisa membuatnya sendiri, yang sehat dan bebas gluten. Bahkan, kini telah tersedia resep pizza dengan memanfaatkan kembang kol, tanpa tepung terigu, yang tetap lezat.

Roti

Roti umumnya terbuat dari gandum yang mengandung protein gluten. Roti tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit celiac. Mayoritas roti yang Anda temui di pasaran, mengandung gandum olahan yang kadar nutrisinya rendah. Oleh karena itu, ganti roti Anda dengan yang berbahan gandum utuh, agar lebih menyehatkan.

Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Secara keseluruhan, kentang sebenarnya sangat menyehatkan. Namun ketika sudah melalui berbagai proses seperti penggorengan, pemanggangan, dan pembakaran, maka produk ini sudah tidak lagi menyehatkan. Selain tinggi kalori, kedua camilan populer ini sering dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker.

Minyak Sayur Pabrikan

Ada banyak sekali masalah yang sering dikaitkan dengan konsumsi minyak sayur. Selain meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh, minyak sayur yang banyak kita gunakan juga bisa memicu kanker. Sebagai gantinya, coba gunakan minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak zaitun.

Margarin

Meski sering dianggap sebagai pengganti yang lebih sehat dibanding mentega, margarin ternyata termasuk makanan yang harus dihindari. Sebab, margarin diproses dari minyak sayur pabrikan terhidrogenasi, yang membuat lemak jenuhnya semakin tinggi.

Pastry dan Kue-kuean

Hampir semua jenis pastry termasuk makanan tidak sehat, karena mengandung gula, tepung, dan tambahan lemak jenuh. Tidak ada manfaat kesehatan yang benar-benar bisa Anda dapatkan dari kue-kuean, kecuali kalorinya yang tinggi.

Junk Food Rendah Kalori

Junk food rendah kalori sangat populer belakangan ini, karena dianggap lebih sehat. Secara umum, makanan ini hanya mengandung sedikit nutrisi dan lebih banyak bahan sintetis yang dicampur, serta sangat tidak menyehatkan.

Minuman Pantangan

Minuman Mengandung Gula

Gula adalah komponen makanan maupun minuman yang paling berbahaya. Beberapa jenis gula memiliki kandungan yang lebih buruk ketimbang bahan lainnya. Namun, minuman dengan kandungan gula adalah yang terburuk. Minuman mengandung gula adalah asupan yang paling membuat gemuk. Coba ganti minuman mengandung gula kesukaan Anda dengan air soda, air biasa, teh, atau kopi tanpa gula.

Jus Buah dalam Kemasan

Jus kemasan memang mengandung antioksidan dan vitamin C. Akan tetapi pada dasarnya, kandungan gula di dalam jus buah dalam kemasan sama banyaknya, atau bahkan lebih, dibandingan dengan softdrinks seperti Pepsi dan Coca Cola.

Yogurt Rendah Kalori

Hampir semua yogurt kemasan yang Anda temukan di swalayan termasuk makanan tidak sehat, sekalipun mengandung lemak yang rendah. Kebanyakan yogurt ini mengandung gula yang tinggi, dan sudah kehilangan lemak alaminya.

Es Krim

Anda penggemar es krim dengan banyak topping di atasnya? Mulailah berpikir kembali untuk meneruskan hobi ini, karena kandungan gulanya sangat tinggi. Coba ganti dengan es krim buatan rumah yang rendah gula.

Daging Olahan

Meskipun daging segar memiliki banyak manfaat kesehatan, hal yang sama tidak berlaku untuk daging olahan. Daging olahan seperti bacon, sosis, pepperoni, dan semacamnya sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker usus, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Itulah 12 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari agar kesehatan Anda tetap terjaga. Anda bisa mencari asupan lain yang lebih menyehatkan sebagai pengganti.

Healhtline. https://www.healthline.com/nutrition/20-foods-to-avoid-like-the-plague#section2
Diakses pada 21 Februari 2019

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/mediterranean-cauliflower-pizza
Diakses pada 21 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed