logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Efektif, Ini Cara Menghilangkan Bosan yang Bisa Anda Coba

open-summary

Cara menghilangkan bosan untuk bisa bersemangat kembali cukup beragam. Anda bisa mencoba untuk memasak, berolahraga, hingga mencari hal-hal baru di internet untuk mengatasi rasa bosan yang muncul.


close-summary

7 Jan 2020

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara menghilangkan bosan dengan memasak

Memasak bisa jadi alternatif menghilangkan rasa bosan Anda

Table of Content

  • Bagaimana cara menghilangkan bosan?
  • Catatan dari SehatQ

Rasa bosan sebenarnya adalah sesuatu yang wajar dirasakan dan bahkan sering dialami oleh banyak orang. Saat sedang bosan, Anda akan merasa tidak bersemangat, frustrasi, lelah, atau bahkan menjadi mudah marah!

Advertisement

Tentunya rasa bosan merupakan suatu emosi yang ingin ditangani dengan segera. Cara menghilangkan bosan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya seperti mencari hal baru yang produktif untuk dilakukan.

Baca Juga

  • Dermaplaning, Perawatan Mengangkat Sel Kulit Mati Minim Risiko
  • Kenali Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Anda
  • 5 Manfaat Essential Oil untuk Kesehatan Tubuh Hingga Efek Sampingnya

Bagaimana cara menghilangkan bosan?

Rasa bosan sebenarnya adalah salah satu cara tubuh untuk memberitahukan bahwa apa yang sedang Anda lakukan perlu untuk ditinjau kembali.

Pada dasarnya, banyak hal yang bisa memicu rasa bosan, misalnya merasa bosan karena bersemangat tetapi tidak dapat melakukan apapun, bosan karena tidak bersemangat, atau bosan karena lingkungan yang terlalu ribut.

Apapun alasan dari kebosanan yang melanda, Anda dapat mencoba tips-tips di bawah ini sebagai cara menghilangkan bosan dan memacu kreativitas Anda.

1. Mengobrol dengan teman atau orang baru

Saat merasa bosan, cobalah ngobrol dengan teman atau keluarga mengenai keseharian atau ide-ide yang terlintas di benak Anda. Anda juga bisa menjalin kembali hubungan yang renggang dengan kawan lama.

Tidak hanya berbicara dengan teman dan keluarga, Anda bisa berkenalan dengan orang baru dengan mengikuti komunitas tertentu atau sekedar menyapa orang di kafe.

2. Berolahraga

Tidak hanya menyehatkan, berolahraga juga dapat dijadikan cara menghilangkan bosan. Anda bisa memilih olahraga apa yang sesuai untuk Anda, seperti berenang, senam aerobik, olahraga bela diri, dan sebagainya.

3. Menggambar di taman

Sedang ingin merasakan atmosfer baru? Coba menggambar atau melukis di taman. Selain dapat menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa mengasah kemampuan menggambar dan melukis yang dimiliki.

4. Mewarnai di colouring book

Bila Anda ingin melakukan aktivitas di dalam ruangan, Anda bisa mewarnai di colouring book untuk orang dewasa yang dapat dibeli di toko buku terdekat. Mewarnai dapat membantu mengatasi kebosanan dan mengurangi kecemasan.

5. Membuat karya tulis

Anda tidak perlu menjadi sastrawan yang handal untuk menuliskan berbagai karya tulis, seperti lirik lagu, puisi, pantun, cerpen, dan sebagainya. Membuat karya tulis dapat menjadi salah satu outlet dari emosi yang dirasakan.

6. Menulis jurnal atau catatan harian

Bukan tipe yang suka membuat karya tulis? Anda bisa menghilangkan bosan dengan menuliskan jurnal atau catatan harian mengenai apa yang dialami dan emosi apa saja yang dirasakan.

Selain membantu Anda untuk bisa merefleksikan diri, membuat jurnal atau catatan harian dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan ide, pemikiran, dan emosi.

7. Memikirkan ide-ide baru

Saat sedang bosan karena tidak melakukan apa-apa, coba pikirkan ide-ide baru yang bisa dilakukan untuk mengembangkan pekerjaan yang dilakukan. Selain menambah kemampuan, Anda juga bisa meningkatkan performa kerja.

8. Cari tahu hal-hal baru dari internet

Banyak hal menarik yang bisa dipelajari mengenai dunia melalui internet, jangan sia-siakan kemampuan teknologi yang semakin berkembang. Anda bisa mencari tahu hal-hal menarik, seperti budaya dari negara lain, dan sebagainya.

9. Memasak

Selain menghasilkan makanan enak dan hemat biaya, memasak bisa dijadikan hobi yang mampu mengatasi rasa bosan!

10. Telusuri daerah sekitar

Hilangkan rasa bosan dengan menelusuri daerah di sekitar tempat tinggal Anda yang belum pernah dikunjungi. Anda bisa berjalan-jalan sendirian ataupun dengan teman atau keluarga.

11. Lakukan aktivitas yang membuat rileks

Selain membuat Anda rileks, aktivitas seperti meditasi dan mindfulness dapat mengurangi kecemasan dan memberikan perspektif mengenai kehidupan yang baru.

12. Tidur

Tidur juga bisa jadi salah satu cara yang Anda pilih untuk mengusir kebosanan. Tidur merupakan aktifitas yang mudah dilakukan, dan bisa mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik setelah beristirahat.

Sayangnya tidur hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami kebosanan hanya dalam waktu yang singkat. Selain itu, tidur kemungkinan juga bisa dilakukan oleh mereka yang melakukan rutinitas itu-itu saja berulang bukan untuk mereka yang bosan karena tidak memiliki kegiatan ataupun aktifitas serius.

13. Buat suatu tujuan yang ingin dicapai

Rasa malas dapat menjadi salah satu pemicu rasa bosan, karenanya cara menghilangkan bosan yang bisa dilakukan adalah dengan membuat suatu tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, ingin menguruskan badan, dan sebagainya. Menetapkan sebuah tujuan membuat Anda lebih mudah untuk mengambil suatu tindakan.

Catatan dari SehatQ

Anda tentunya harus menyadari keberadaan dari rasa bosan tersebut terlebih dahulu untuk bisa menanggulanginya, terkadang rasa bosan yang dialami merupakan indikasi dari sesuatu yang tidak ingin dilakukan atau dirasakan.

Ambillah waktu untuk menelaah apa yang membuat Anda merasa bosan, telusuri pemikiran-pemikiran yang terlintas saat Anda merasa bosan.

Apabila cara menghilangkan bosan di atas tidak bekerja dan mengganggu keseharian yang dijalani, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke psikolog.

Advertisement

kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved