Keahlian sosial, motorik, dan bahasa bayi akan semakin meningkat mengikuti pertambahan usia anak
Apakah tahapan tumbuh kembang bayi Anda sudah sesuai usianya?

Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang sehat, cerdas, dan terpenuhi kebutuhan emosionalnya. Dari berbagai cara membantu perkembangan bayi, para ahli paling menyarankan bermain dengan bayi atau play therapy sebagai cara paling efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Simak berbagai cara membantu tahapan tumbuh kembang bayi agar maksimal. 

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Pertama

Sangat mudah mempelajari cara membantu perkembangan bayi di bulan pertama. Habiskan saja banyak waktu dalam jarak dekat bersama si buah hati.

Pada bulan pertamanya, bayi hanya bisa melihat sekitar 15-30 cm saja. Saat fokusnya menguat, jangan lupa untuk mendekatkan wajah Anda ke bayi sambil berceloteh. Bayi pasti senang dan tertarik.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kedua

Bantu bayi meningkatkan motorik tangan dan pandangan mata dengan cara menepukkan tangannya dan bernyanyi. Bayi akan mengikuti gerakan dan suara Anda perlahan-lahan, sekaligus melatih koordinasi antara mata, tangan, dan bahasa.

Anda dapat mengangkat bayi, julurkan lidah, buka mulut, dan senyum lebar untuk kemudian perlahan-lahan ditiru oleh si bayi.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Ketiga

Bayi mulai terbiasa bermain dengan tangannya. Maksimalkan tahapan tumbuh kembang bayi bulan ketiga dengan melatih koordinasi mata dan tangannya. Berikan mainan yang bisa digapainya. Bayi juga mulai aktif mengangkat kepalanya, jadi dukung perkembangan ini dengan tummy time.

Letakkan cermin dalam posisi aman dari jangkauan bayi. Cermin tersebut akan mendorong bayi untuk mengangkat kepala lebih tinggi karena melihat refleksi lucu dirinya.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Keempat

Keahlian sosial, motorik, dan bahasa kian meningkat! Saat bermain dengan bayi, dia akan sering mengoceh, termasuk saat melihat mainan berwarna-warni. Bahkan, bayi sudah bisa mulai marah dan menangis jika tidak dituruti.

Di usia 14 minggu, refleks geli juga sudah mulai muncul. Mulailah gelitiki si kecil dengan penuh kasih sayang.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kelima

Penglihatan dan pendengaran bayi sudah tumbuh sempurna. Saat bermain dengan bayi, Anda pasti akan melihatnya berceloteh riang. Sambut dengan membalas celotehannya, ulangi konsonan, dan dorong dia untuk terus berkata-kata.

Cara membantu perkembangan bayi yang efektif juga dapat dilakukan dengan membaca buku bersama.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Keenam

Bayi mulai aktif dan belajar duduk. Bantu si kecil untuk duduk, lalu berikan mainan supaya dia mau meraihnya.

Pastikan mainan bersih dan tidak terlalu kecil, karena bayi senang meletakkan apapun ke dalam mulut pada usia ini.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Ketujuh

Motorik tangan si bayi kian mantap! Keahlian memegang dengan jemari juga akan semakin stabil. Stimulasi lebih lanjut keahlian ini dengan cara memberikan benda-benda berukuran kecil, seperti sendok, cangkir dll.

Anda juga bisa membawa anak ke luar untuk bermain dengan rumput, tentunya sambil terus diperhatikan oleh orangtua.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kedelapan

Saatnya mengasah kecerdasan bayi terhadap konsep ruang dan menggunakan kata-kata. Berikan mainan tumpuk atau panci dan mangkuk untuk disusun. Ajarkan juga kata-kata dasar, seperti anggota tubuh dan benda di dalam rumah.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kesembilan

Bayi mulai tertarik dengan pergerakan tutup benda benda, seperti pintu, kotak, laci dll. Ini memang momen dimana bayi belajar koordinasi mata dan tangan lebih lanjut.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kesepuluh

Bermain petak umpet atau menyembunyikan benda akan mengajarkan bayi konsep benda yang permanen, sekaligus melatih motorik halus bayi.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Kesebelas

Terus asah keahlian berbahasa bayi dengan cara interaksi langsung, bukan dengan DVD atau gawai. Sering-sering berbicara dengan bayi, misalnya dengan bercerita, bernyanyi, bertanya, atau menggunakan bahasa tubuh.

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Bulan Keduabelas

Tahapan tumbuh kembang bayi seperti berbicara, merangkak, dan lain sebagainya mungkin sudah ditunjukkan pada usia ini. Jika belum, jangan khawatir karena perkembangan tiap bayi memang berbeda-beda. Terus motivasi dan ajak bermain si kecil setiap saat!

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby-development
Diakses pada Maret 2019

Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a1044793/eight-ways-to-help-your-child-grow-up-happy
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed