Osteoartritis adalah penyebab rasa sakit di dengkul hingga dapat menghambat proses berjalan atau berdiri
Salah satu penyebab rasa sakit di dengkul pada lansia adalah osteoartritis

Dengkul sakit dapat terjadi pada semua orang. Rasa sakit di lutut dapat menghambat proses berjalan dan berdiri yang dilakukan. Dengkul sakit umumnya ditandai dengan rasa sakit yang terus-menerus, rasa panas yang tidak nyaman, dan rasa sakit yang menusuk pada lutut.

Anda akan lebih rentan mengalami dengkul sakit jika Anda berolahraga, berusia lanjut, mengalami cedera lutut sebelumnya, dan memiliki berat badan berlebih. Namun selain itu, dengkul sakit memiliki banyak penyebab yang berbeda.

[[artikel-terkait]]

Penyebab dengkul sakit

Dengkul sakit dapat diakibatkan oleh berbagai hal dan beberapa penyebabnya bisa jadi dikarenakan oleh penyakit-penyakit di bawah ini:

1. Osteosarkoma

Osteosarkoma merupakan salah satu kanker tulang yang banyak dijumpai dan dapat tumbuh pada bagian lutut serta menyebabkan dengkul sakit.

Gejala lain yang dapat dialami adalah pembengkakan di daerah sekitar lutut dan cedera atau patah tulang yang tidak diketahui sebabnya.

asam urat

2. Asam urat

Asam urat adalah salah satu jenis artritis yang dapat menyebabkan dengkul sakit. Asam urat umumnya menyebabkan sakit di jempol kaki, tetapi dapat juga terjadi di pergelangan kaki dan tangan, siku, lutut, serta jari tangan.

Gejala dari asam urat adalah ketidaknyamanan, peradangan, kekakuan, pembengkakan, dan kemerahan pada lutut. Rasa sakit asam urat muncul secara tiba-tiba dan biasanya timbul di malam hari.

3. Osteoartritis

Selain asam urat, jenis artritis lainnya, yaitu osteoartritis dapat menyebabkan dengkul sakit dan kaku, bengkak yang membulat pada sendi, suara menggeretak saat sendi digerakkan, dan penurunan fungsi sendi.

Osteoartritis disebabkan oleh tulang rawan yang rusak dan umumnya memiliki perkembangan yang lambat dan bertahap.

4. Ligamen yang robek

Robeknya ligamen atau jaringan penghubung antar tulang kebanyakan dialami oleh atlet atau orang yang sering berolahraga. Cedera ligamen terjadi saat sendi mendapatkan tekanan lebih dari biasanya.

Sementara, robeknya ligamen dapat dipicu oleh peregangan penuh yang membuat ligamen robek dari tulang. Ligamen yang robek dapat menimbulkan dengkul sakit dan membengkak, serta ketidakstabilan pada sendi dan berkurangnya fungsi sendi.

5. Bursitis

Bursitis dapat menimbulkan dengkul sakit akibat meradangnya bursae atau bantalan kantong cairan di antara tulang, tendon, sendi, dan otot. Tidak hanya dengkul sakit, bursitis dapat menyebabkan pembengkakan, berkurangnya pergerakan, dan melembeknya sendi.

nyeri sendi

6. Rheumatoid Arthritis (RA)

RA merupakan kondisi autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang persendian dan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada sendi. Jika tidak segera ditangani, RA dapat merusak tulang rawan dan menyebabkan kecacatan pada sendi.

7. Robekan meniskus

Selain bursitis, robekan meniskus juga merupakan salah satu penyebab dengkul sakit yang umum terjadi. Atlet dan orang yang sering berolahraga memiliki risiko mengalami robekan meniskus.

Saat terjadi robekan meniskus, Anda akan mendengarkan bunyi letupan. Gejala yang dapat dialami selain dengkul sakit adalah kekakuan dan pembengkakan, lutut yang terkunci, tidak dapat menggerakkan lutut sepenuhnya, dan sensasi seakan-akan lutut akan lepas.

8. Tendinitis

Tendinitis adalah peradangan atau iritasi tendon yang menyebabkan rasa sakit, melembek, dan bengkak pada sendi. Tendon merupakan bagian jaringan tebal yang menghubungkan otot dan tulang. Tendinitis dapat terjadi di lutut, bahu, pergelangan tangan, siku, dan tumit.

dislokasi bahu

9. Dislokasi Sendi

Dislokasi sendi diakibatkan oleh adanya dorongan yang menyebabkan tulang bergeser dari posisi yang seharusnya. Dislokasi menyebabkan dengkul sakit, membengkak, tidak dapat digerakkan, dan terlihat menonjol keluar.

10. Kondromalasia Patella

Kondromalasia patella mengakibatkan melembek dan merusaknya tulang rawan pada bagian samping lutut. Rasa sakit muncul karena pergesekan antara lutut dan tulang paha. Akibatnya, dengkul sakit yang disertai dengan sensasi menggeretak.

11. Kista baker

Kista baker ditandai dengan benjolan di belakang lutut yang berisi cairan dan menimbulkan rasa ketat. Kista baker diakibatkan oleh kelebihan pelumas pada sendi lutut yang berpindah ke belakang lutut dan menimbulkan benjolan.

Gejala kista baker adalah dengkul sakit, kekakuan, dan bengkak di belakang lutut. Saat kista robek, Anda dapat mengalami rasa sakit, pembengkakan, dan memar pada bagian belakang lutut dan betis. Rasa sakit akan bertambah parah saat Anda menggerakkan lutut.

Jika Anda merasakan nyeri pada dengkul yang terus-menerus dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat diketahui penyebabnya.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed