10 Tips Seks Tahan Lama untuk Membakar Malam Anda dengan Pasangan

08 Agt 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Reni Utari
Ada beberapa tips seks tahan lama yang bisa diterapkan, seperti konsumsi makanan dengan mineral seng, serta menggunakankondom
Agar seks lebih bergairah, Anda bisa meminta bantuan pasangan untuk mengatasi seks yang tidak tahan lama

Seks yang menggairahkan dalam pernikahan, menjadi salah satu indikator positif dalam hubungan Anda dan pasangan. Prinsipnya, hubungan seks harus sama-sama saling memuaskan kedua pihak, yakni Anda dan pasangan.

Walau begitu, beberapa wanita mengeluhkan pasangan pria yang tidak tahan lama dalam berhubungan seks. Boleh jadi karena stamina yang tidak optimal, atau mengalami gangguan performa seksual seperti ejakulasi dini dan disfungsi ereksi. Tips seks tahan lama berikut ini, bisa memperbaiki kondisi, yang barangkali membuat Anda tidak percaya diri.

10 tips seks tahan lama agar pasangan semakin sayang

Seks tidak tahan lama, dapat menjadi bom waktu dalam hubungan percintaan. Sebab, hal itu mengindikasikan pasangan Anda tidak terpuaskan.

Tips seks tahan berikut ini bisa dicoba, melalui kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pasangan Anda.

  • Gunakan kondom

Bagi beberapa pasangan, menggunakan kondom mungkin membuat seks menjadi tidak senikmat, dibandingkan tidak menggunakan alat pengaman ini. Kondom memang dapat mengurangi sensitivitas alat vital, saat berhubungan seks. Namun, hal itu dapat menjadi solusi jika Anda sering tidak tahan lama dalam seks.

  • Terapkan teknik pause-squeeze

Teknik ini bertujuan untuk mengurangi gairah Anda, sesaat akan ejakulasi. Saat Anda merasa ingin ejakulasi, hentikan (pause) gerakan seks dan minta pasangan untuk meremas (squeeze) ujung penis Anda. Remasan bisa dilakukan sampai Anda tidak ingin lagi untuk klimaks, dan lanjutkan gerakan seks.

Anda bisa lakukan tips seks tahan lama ini beberapa kali, sesuai kesepakatan bersama pasangan.

  • Coba juga teknik stop-start

Tips seks tahan lama lain yakni dengan melakukan teknik stop-start. Saat Anda merasa sudah akan mencapai klimaks, hentikan (stop) gerakan seks hingga keinginan ejakulasi menghilang. Setelah itu, mulai (start) kembali seks dengan perlahan.

Seperti teknik pause-squeeze, teknik stop-start juga bisa dilakukan berulang kali, sesuai kesepakatan dengan pasangan.

  • Turunkan berat badan

Apabila Anda termasuk pria yang tidak tahan lama dalam seks, dan memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, tak ada salahnya untuk mencoba menurunkan bobot. Para ahli percaya, bahwa berat badan berlebih dapat membuat performa seksual Anda menjadi buruk.

Berat badan berlebih, yang juga bisa memicu tekanan darah tinggi serta diabetes, menjadi salah penyebab utama disfungsi ereksi. Sehingga, pria obesitas yang tidak tahan lama dalam seks, dapat mencoba mengatasi kondisi ini dengan menurunkan berat badan.

  • Sebaliknya, naikkan bobot jika Anda terlalu kurus

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Impotence Research, pria dengan indeks massa tubuh (IMT) lebih tinggi, dapat melakukan hubungan seks yang juga lebih tahan lama. Dalam penelitian tersebut, dengan menaikkan IMT, jumlah responden yang mengalami ejakulasi dini pun menjadi berkurang.

  • Olahraga dan aktivitas fisik

Berolaraga dapat membantu Anda memiliki performa seks yang lebih baik, termasuk dalam teknik berhubungan seks, fleksibitlitas serta ketahanan. Beberapa jenis latihan fisik yang bisa Anda lakukan, agar seks tahan lama, yakni olahraga angkat beban, senam Kegel, jalan cepat, serta berenang.

Jika Anda belum memiliki pernah melakukan olahraga di pusat kebugaran, atau belum bisa berenang, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pelatih pribadi.

  • Berhenti merokok

Rokok memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan, termasuk perihal performa seks. Rokok dapat mengganggu sirkulasi darah, meningkatkan risiko difungsi ereksi, serta mengurangi jumlah dan ketahanan sperma untuk hidup.

  • Lakukan yoga dan meditasi

Yoga telah dikenal bermanfaat untuk meredakan stres yang mendera Anda, dan hal ini juga secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan performa seks. Stres yang menyerang, memang berefek buruk pada tubuh, termasuk menurunkan gairah seks.

Selain itu, yoga juga membuat Anda lebih memahami diri sendiri, mengontrol pikiran, serta membantu menikmati momen-momen yang sedang dijalani. Hal tersebut, dapat membuat Anda dan pasangan lebih saling memahami, termasuk saat bercinta.

  • Tambah asupan mineral seng

Kekurangan mineral seng dapat menurunkan level testosteron, serta meningkatkan risiko Anda mengalami disfungsi seksual. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya dengan mineral seng, seperti tiram, daging, serta sereal sarapan yang sehat.

  • Konsumsi makanan dengan asam amino L-arginine

L-arginine merupakan jenis asam amino semi-esensial yang dapat berubah menjadi oksida nitrat. Kandungan oksida nitrat inilah, yang membantu pembuluh darah pada penis menjadi lebih rileks, serta meningkatkan aliran darah dan kualitas ereksi.

Beberapa makanan yang kaya dengan asam amino L-arginine adalah dada kalkun, bagian loin babi, dan daging ayam. Anda juga bisa mengonsumsi kacang kedelai, biji labu, spirulina, dan keju.

Konsultasikan dengan dokter, jika seks masih tidak tahan lama

Itulah beberapa tips seks tahan lama yang bisa Anda coba, bersama dengan pasangan. Apabila keadaan tidak membaik, dan mulai mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, berkonsultasilah dengan dokter.

Dokter mungkin menawarkan terapi, merekomendasikan pemberian obat minum, atau topikal. Perlu digarisbawahi, penanganan seks yang tidak tahan lama, mungkin membutuhkan waktu dan komitmen Anda.

Jika merasa bisa mengatasinya dengan tips seks tahan lama yang sehat di atas, komunikasikan dengan pasangan untuk membantu Anda. Selamat mencoba!

Referensi

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/mens-health/exercises-to-improve-your-sex-life.aspx

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/how-to-last-longer-in-bed-naturally

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-high-arginine-foods

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/how-to-last-longer-in-bed

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Healthy Women. https://www.healthywomen.org/content/article/5-ways-help-him-last-longer-bed

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/diagnosis-treatment/drc-20354905

Diakses pada 8 Agustus 2019

 

Nature. https://www.nature.com/articles/ijir201011

Diakses pada 8 Agustus 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top