Cara Hubungan Intim Biar Tahan Lama


Cara hubungan intim biar tahan lama antara lain dapat dilakukan dengan memakai lubrikan berbahan dasar air. Lubrikan jenis ini selain aman dipakai bersama kondom, mudah diaplikasikan ke kulit. Memakai lubrikan pun ternyata menambah kenikmatan bercinta.

(0)
15 Mar 2021|Maria Yuniar
Cara hubungan intim biar tahan lama dapat dilakukan dengan menggunakan lubrikanMenggunakan lubrikan adalah salah satu cara hubungan intim biar tahan lama
Seks yang menggairahkan dalam pernikahan, menjadi salah satu indikator positif dalam hubungan Anda dengan pasangan. Sejumlah penelitian membuktikan, hubungan seksual mampu meningkatkan bonding jangka pendek dengan pasangan. Namun memang, kebanyakan pasangan tidak melakukan hubungan intim setiap hari.Menurut International Society Sexual Medicine, hanya 21% pria yang sudah menikah dan 24% wanita menikah, berhubungan seksual setidaknya 4 kali seminggu.Prinsipnya, hubungan seks harus sama-sama saling memuaskan kedua pihak, yakni Anda dan pasangan. Cara hubungan intim biar tahan lama pun layak dicoba.Terlebih, beberapa wanita mengeluhkan pasangan pria yang tidak tahan lama dalam berhubungan seks. Bisa jadi keluhan ini pun datang dari Anda.Pasangan Anda mungkin saja memiliki stamina yang tidak optimal, atau mengalami gangguan performa seksual seperti ejakulasi dini dan disfungsi ereksi.Tips seks tahan lama berikut ini, bisa memperbaiki kondisi yang rentan dialami satu dari tiga pria berusia 18-59 tahun tersebut. Jadi, Anda pun dapat berdiskusi dengan pasangan untuk mencoba sederet cara berikut ini dalam berhubungan seksual.

10 Cara hubungan intim biar tahan lama

Seks tidak tahan lama, dapat menjadi bom waktu dalam hubungan percintaan. Sebab, hal itu mengindikasikan ketidakpuasan.Tips seks tahan lama berikut ini bisa dicoba, melalui kerjasama dan komunikasi yang baik antara Anda dengan pasangan. Komunikasi atau percakapan intim bukanlah melulu soal kepuasan. Topik lain mengenai seks yang bisa dibicarakan dengan pasangan adalah mengenai kesehatan seksual, frekuensi berhubungan seks, maupun eksplorasi gaya bercinta.

1. Mendukung pasangan menggunakan kondom

Bagi beberapa pasangan, menggunakan kondom mungkin membuat seks menjadi tidak senikmat, dibandingkan tidak menggunakan alat pengaman ini. Kondom memang dapat mengurangi sensitivitas alat vital, saat berhubungan seks. Oleh karena itu, pemakaian alat kontrasepsi ini dapat menjadi solusi untuk seks yang tidak tahan lama.

2. Menerapkan teknik pause-squeeze

Teknik ini bertujuan untuk menekan gairah, sesaat sebelum pasangan ejakulasi. Menjelang ejakulasi, mintalah pasangan untuk menghentikan (pause) gerakan seks dan menggenggam (squeeze) ujung penisnya. Genggaman bisa dilakukan sampai berhasil meredam klimaks, sebelum melanjutkan hubungan seks.Tips seks tahan lama ini dapat dilakukan beberapa kali, sesuai kesepakatan atau diskusi bersama pasangan.

3. Mencoba teknik stop-start

Tips seks tahan lama lain yakni dengan melakukan teknik stop-start. Sebelum klimaks, hentikan (stop) gerakan seks hingga keinginan ejakulasi pasangan menghilang. Setelah itu, mulai (start) kembali seks dengan perlahan.
Seperti teknik pause-squeeze, teknik stop-start juga bisa dilakukan berulang kali, sesuai kesepakatan dengan pasangan.

4. Memakai lubrikan berbahan dasar air

Vigel bisa menjadi pilihan lubrikan berbahan dasar air
Lubrikan adalah gel maupun cairan yang digunakan untuk melumasi organ intim ketika berhubungan seksual. Ada beberapa varian lubrikan yang bisa Anda pilih, berdasarkan bahannya, mulai dari air, silikon, minyak, maupun kombinasinya. Namun, lubrikan berbahan dasar air yang biasanya direkomendasikan, karena dapat digunakan untuk setiap aktivitas seksual, termasuk ‘permainan’ dengan sex toys.Selain itu, lubrikan berbahan dasar air juga aman digunakan bersama dengan kondom, baik itu kondom lateks maupun non-lateks yang dipakai pasangan Anda. Bahkan, lubrikan jenis ini pun mengurangi kemungkinan bocornya kondom.Kelebihan lubrikan berbahan dasar air adalah:
  • Tidak menodai pakaian maupun seprai
  • Mudah diaplikasikan pada kulit, alat kontrasepsi yang digunakan pasangan seperti kondom, maupun alat bantu untuk meningkatkan kenikmatan bercinta, termasuk sex toys
  • Gampang dibersihkan dengan air
Anda bisa menggunakan lubrikan di area tubuh yang memerlukannya, termasuk vagina dan penis pasangan. Sebelum mengaplikasikannya pada kulit, Anda bisa mengoleskan terlebih dulu pada kedua tangan dan menghangatkannya dengan menggosok-gosokkan kedua tangan.Jika pasangan memakai kondom, jangan lupa mengoleskan lubrikan berbahan dasar air ini di bagian luar kondom. Penggunaan lubrikan ini, disertai alat kontrasepsi, malah bisa meningkatkan kenikmatan bercinta.Salah satu merek lubrikan yang bisa Anda coba adalah Vigel. Lubrikan ini berfungsi sebagai pengganti cairan alami dan tambahan pelicin vagina atau alat kontrasepsi seperti kondom . Vigel tidak berwarna, tidak berbau, larut dalam air, tidak berminyak, dan higienis.Anda bisa membeli Vigel di toko online Konimex atau melalui AsmaraKu di Toko SehatQ.

5. Menghindari stres

Ternyata, gangguan mental seperti stres dan gangguan cemas dapat menyebabkan pria cepat loyo saat berhubungan seksual dengan pasangan. Gangguan mental ini juga bisa mendistraksi Anda dari keintiman bersama pasangan.Agar hubungan sex tahan lama, cobalah untuk rutin berolahraga, tidur lebih teratur, bermeditasi, mengikuti sesi terapi. Jika perlu, berkonsultasilah pada dokter dan ahli psikolog.

6. Menjaga berat badan ideal

Apabila Anda pria, atau Anda wanita dengan pasangan Pria yang termasuk tidak tahan lama dalam seks, dan memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, tak ada salahnya untuk mencoba menurunkan berat badan berlebih, dan senantiasa menjaganya agar tetap ideal. Para ahli percaya, bahwa berat badan berlebih dapat membuat performa seksual Anda menjadi buruk.Berat badan berlebih, yang juga bisa memicu tekanan darah tinggi serta diabetes, menjadi salah satu penyebab utama disfungsi ereksi. Jadi, pria obesitas yang tidak tahan lama dalam seks, dapat mencoba mengatasi kondisi ini dengan menurunkan berat badan.Sementara itu, penyebab disfungsi ereksi yang juga harus diwaspadai adalah kolesterol tinggi, hipertensi, serta diabetes.Menurut sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Impotence Research, pria dengan indeks massa tubuh (IMT) lebih tinggi, dapat melakukan hubungan seks yang juga lebih tahan lama. Dalam penelitian tersebut, dengan menaikkan IMT, jumlah responden yang mengalami ejakulasi dini pun menjadi berkurang.

7. Melakukan olahraga dan aktivitas fisik

Berolahraga dapat membantu Anda memiliki performa seks yang lebih baik, termasuk dalam teknik berhubungan seks, fleksibilitas serta ketahanan. Beberapa jenis latihan fisik yang bisa Anda lakukan, agar seks tahan lama, yakni olahraga angkat beban, senam Kegel, jalan cepat, serta berenang. Jika Anda belum pernah melakukan olahraga di pusat kebugaran, atau belum bisa berenang, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pelatih pribadi.

8. Berhenti merokok

Rokok memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan, termasuk perihal performa seks. Rokok dapat mengganggu sirkulasi darah, meningkatkan risiko disfungsi ereksi, serta mengurangi jumlah dan ketahanan sperma untuk hidup.

9. Melakukan yoga dan meditasi

Yoga telah dikenal bermanfaat untuk meredakan stres, dan hal ini juga secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan performa seks. Stres yang menyerang, memang berefek buruk pada tubuh, termasuk menurunkan gairah seks.Selain itu, yoga juga membuat Anda lebih memahami diri sendiri, mengontrol pikiran, serta membantu menikmati momen-momen yang sedang dijalani. Hal tersebut, dapat membuat Anda dan pasangan lebih saling memahami, termasuk saat bercinta.

10. Mengonsumsi asupan sehat

Kekurangan mineral Zinc atau seng dapat menurunkan level testosteron, serta meningkatkan risiko Anda mengalami disfungsi ereksi. Sebab, disfungsi ereksi ternyata juga bisa terjadi akibat rendahnya asupan tertentu, termasuk Zinc, sebagai mineral penting bagi sel-sel tubuh untuk metabolisme nutrisi.Anda atau pasangan Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya dengan mineral Zinc, seperti tiram, daging, serta sereal sarapan yang sehat.Selain itu, asam amino L-arginine pun penting bagi tubuh. Ini merupakan jenis asam amino semi-esensial yang dapat berubah menjadi oksida nitrat. Kandungan oksida nitrat inilah, yang membantu pembuluh darah pada penis menjadi lebih rileks, serta meningkatkan aliran darah dan kualitas ereksi.Beberapa makanan yang kaya dengan asam amino L-arginine adalah dada kalkun, dan daging ayam. Anda juga bisa mengonsumsi kacang kedelai, biji labu, spirulina, dan keju.

Konsultasikan dengan dokter, jika seks masih tidak tahan lama

Itulah beberapa tips seks tahan lama yang bisa Anda coba, bersama dengan pasangan. Apabila keadaan tidak membaik, dan mulai mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, berkonsultasilah dengan dokter.Dokter mungkin menawarkan terapi, merekomendasikan pemberian obat minum, atau topikal. Perlu digarisbawahi, penanganan seks yang tidak tahan lama, mungkin membutuhkan waktu dan komitmen Anda.Jika merasa bisa mengatasinya dengan tips seks tahan lama yang sehat di atas, komunikasikan dengan pasangan untuk membantu Anda. Selamat mencoba!
hubungan seksmasalah seksualejakulasi diniadv vigel
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/mens-health/exercises-to-improve-your-sex-life.aspx
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/how-to-last-longer-in-bed-naturally
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-high-arginine-foods
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/how-to-last-longer-in-bed
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/content/article/5-ways-help-him-last-longer-bed
Diakses pada 8 Agustus 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/diagnosis-treatment/drc-20354905
Diakses pada 8 Agustus 2019
Nature. https://www.nature.com/articles/ijir201011
Diakses pada 8 Agustus 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-last-longer-in-bed#therapy
Diakses pada 5 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/lube-shopping-guide-types#how-to-use
Diakses pada 15 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/316593
Diakses pada 15 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/symptoms-causes/syc-20355776
Diakses pada 15 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/zinc#:~:text=Immune%20function%2C%20DNA%20and%20protein,do%20not%20get%20enough%20zinc.
Diakses pada 15 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait