10 Tips Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit Sehari-hari

(0)
02 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teraturPerawatan kulit untuk mengobati jerawat
Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Jika sudah meradang, jerawat akan terasa nyeri dan sangat mengganggu. Terlebih, setelah mengempis, kadang bisa timbul noda bekas jerawat yang menghitam. Agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur berikut:

1. Jaga Kebersihan Wajah

Basuh wajah Anda maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih.Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Lembapkan Wajah

Banyak produk perawatan kulit yang berformula keras sehingga membuat kulit kering. Gunakan pelembab agar kulit senantiasa lembut, kenyal, dan kencang. Cari produk berlabel "noncomedogenic" yang bersifat anti jerawat. Ada beberapa pelembap yang dirancang untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

3. Teliti Pilih Produk Jerawat yang Dijual Bebas (Tanpa Resep Dokter)

Sebagian besar produk jerawat mengandung bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat. Bahan ini mencegah bakteri namun membuat kulit kering. Pilihan lain adalah gel retinoid topikal yang bisa mencegah jerawat.

4. Hindari Make-up Tebal

Menggunakan riasan wajah atau makeup tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Jika Anda harus memakai makeup, bersihkan makeup dengan baik sebelum tidur. Pilih jenis kosmetik bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel "noncomedogenic," yang tidak menyebabkan jerawat.

5. Pilih Produk Rambut yang Tepat

Penggunaan produk rambut, seperti minyak, pomade, atau gel, bisa memicu terbentuknya jerawat karena menetes ke area wajah. Tips mencegah jerawat yang bisa Anda coba adalah memilih sampo dan kondisioner yang lembut untuk mencegah kulit kepala atau rambut berminyak yang bisa memicu jerawat.

6. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Hindari terlalu sering menyentuh wajah atau menyangga pipi/dagu dengan tangan. Tindakan ini tidak hanya menyebarkan bakteri dari tangan ke wajah, tetapi juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit berjerawat. Selain itu, tips mencegah jerawat lainnya adalah jangan pernah memencet jerawat dengan jari karena bisa menyebabkan infeksi dan jerawat membekas.

7. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada kulit hingga menyebabkan jerawat. Jika Anda menerapkan obat jerawat, hindari sinar matahari, terutama di atas jam 10 pagi. Oleskan tabir surya berspektrum luas lebih dari SPF 30 minimal 2 jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

8. Nutrisi Kulit

Tips mencegah jerawat yang tak kalah penting diperhatikan adalah selalu menutrisi kulit dengan makanan yang tepat. Makanan tertentu juga bisa memicu hadirnya jerawat. Misalnya, gorengan, junk food, atau makanan yang mengandung produk susu dan makanan tinggi gula.Sebaiknya, konsumsi lebih banyak buah-buahan segar, sayuran, atau biji-bijian agar kulit lebih sehat, cantik, dan terawat.

9. Berolahraga Setiap Hari

Olahraga secara teratur adalah tips mencegah jerawat yang terbukti dapat menyehatkan kulit dan menjaga kecantikan Anda. Ketika Anda berolahraga, kenakan pakaian yang nyaman agar kulit tidak mudah teriritasi. Setelah berolahraga, mandi dan cuci wajah menggunakan produk sabun yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

10. Hindari Stres

Para ahli juga mengaitkan stres dengan munculnya jerawat. Semakin tinggi tingkat stres, Anda juga berpotensi besar menghadapi risiko kulit berjerawat karena hormon kortisol yang berlebihan. Tanyakan pada diri Anda apa yang membuat Anda stres, lalu cari solusinya dengan berbicara pada teman, saudara, atau berlibur ke tempat yang menyenangkan.Bila masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tips mencegah jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.
perawatan kulit
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/10-tips-for-preventing-pimples#1Diakses pada Oktober 2018 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait