Cara agar Bayi Cepat Tidur dan Pulas, Orangtua Wajib Tahu

0,0
02 May 2019|Maria Yuniar
Menghindari power nap adalah salah satu cara agar bayi cepat tidurCara agar bayi cepat tidur salah satunya adalah dengan jeli memperhatikan tanda-tanda mengantuk
Menidurkan bayi merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Terkadang orangtua kerap kebingungan mencari cara agar bayi cepat tidur pulas. Jika bayi sulit tidur, maka kualitas tidur mereka juga akan terganggu.
Oleh karenanya, Anda perlu mencari cara jitu untuk membuat bayi tidur tepat waktu untuk menjaga kesehatannya. Nah, berikut sejumlah tips penting yang wajib Anda ketahui supaya kualitas tidur si bayi semakin baik dan bayi memiliki durasi tidur normal.

Cara agar bayi cepat tidur

Untuk membuat si Kecil tidur pulas tepat waktu, ini cara membuat bayi cepat tidur yang bisa Anda ikuti:

1. Perhatikan tanda-tanda mengantuk

Pertanda ngantuk seperti menguap biasanya menjadi isyarat agar orangtua mulai menidurkan bayi. Selain menguap, ada beberapa tanda mengantuk lainnya yang perlu diperhatikan, seperti menggosok mata, menangis, hingga rewel. Jangan tunggu hingga bayi kelelahan untuk menidurkannya. Pertahankan rutinitas tidur serta perhatikan tanda-tanda ngantuk tersebut agar aktivitas tidur bayi dapat berjalan cepat.

2. Jangan membangunkan bayi

Si kecil tertidur di sofa atau kursi mobil? Usahakan untuk tidak membangunkan bayi dan tidak mengambil risiko membangunkannya dengan mengganti posisi. Pastikan posisi tidur bayi nyaman dan aman untuk tidur siang sejenak, atau baringkan bayi jika Anda yakin tidak mengganggunya.

3. Berikan jam tidur cukup

Bayi tidur dalam akumulasi waktu yang cukup lama, hingga 16 jam per hari sesuai perkembangan usianya. Pada sekitar usia 6 bulan, bayi umumnya mulai bisa tidur pulas semalaman tanpa harus disusui. Jangan cemas jika si Kecil masih butuh disusui saat malam, karena setiap anak memang memiliki pola tidur yang berbeda-beda.

4. Hindari power nap

Power nap atau istilah akrabnya ‘tidur-tidur ayam’ bisa mengacaukan pola tidur bayi secara keseluruhan. Jangan memaksakan anak power nap selama beberapa kali dalam sehari untuk menyesuaikan dengan jadwal orang dewasa, tetapi prioritaskan rutinitas tidur yang teratur setiap harinya.

5. Jangan biasakan memeberi susu sebelum tidur

Susu sering menjadi pengantar tidur untuk anak bayi, tetapi kegiatan ini akan menjadi sebuah kebiasaan sehingga mereka hanya bisa tertidur setelah diberi susu. Kuncinya adalah memberikan jeda setelah sesi menyusui, misalnya bermain sebentar atau membaca, sebelum memasuki waktu tidur.

6. Hindari tidur siang terlalu panjang

Durasi waktu tidur siang yang ideal adalah antara 1-2 jam setiap harinya. Usahakan untuk menggabungkan waktu tidur siang yang terpisah menjadi 1 sesi tidur siang yang pulas dan berkualitas.

7. Membentuk rutinitas tidur yang baik

Agar bayi cepat tidur dan tidak rewel, Anda perlu membuat rutinitas yang teratur untuk si Kecil. Bentuk rutinitas bayi agar cepat tidur yang sebaiknya Anda terapkan sejak dini antara lain:
  • Tidur siang pada waktu yang sama
  • Menghindari tidur saat hari menjelang sore
  • Menidurkan di ruang/tempat tidur yang sama, supaya terbentuk mindset lokasi istirahat

8. Hindari pengawasan ketat

Wajar jika orangtua ingin mengawasi anak sekalipun saat tidur. Jika bayi merasa gelisah, bersin, cegukan, menangis kecil, dan sebagainya, orangtua tidak dianjurkan untuk langsung menghampirinya. Awasi dari jauh sejenak sebelum mendatangi dan memastikan kondisinya.

9. Baringkan sebelum tertidur

Biasakan membaringkan bayi sebelum dirinya tertidur, idealnya saat dia mulai merasa ngantuk. Dengan demikian, bayi tidak akan terbiasa tertidur sambil digendong dan bisa belajar untuk tertidur sendiri, termasuk juga jika terbangun saat malam hari.

10. Prioritaskan keamanan

Pastikan bayi tidur di tempat yang aman dan terjamin keselamatannya. Hindari meletakkan bayi di sofa, ranjang orang dewasa, atau lantai. Hindari juga dekorasi yang berlebihan di sekitar tempat tidur bayi untuk mencegah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Usahakan agar tempat tidur bayi tidak berbagi dengan anak lain ataupun hewan peliharaan.

Pola tidur normal bayi baru lahir hingga usia 1 tahun

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pola tidur bayi baru lahir usia 0-28 hari, perkiraan lama tidurnya dalam 24 jam adalah selama 16-20 jam sehari. Dimana 1-4 jam periode tidur mereka diikuti 1-2 jam periode bangun. Di usia ini, jumlah tidur siang juga sama dengan jumlah tidur malam bayi.Saat bayi semakin bertambah umurnya, lama tidur mereka juga semakin berkurang. Bayi usia 1 bulan hingga 1 tahun normalnya akan tidur 14-15 jam pada usia 4 bulan dan 13-14 jam pada usia 6 bulan.Bayi usia 1 bulan hingga 3 bulan memiliki periode tidur 3-4 jam dan 6-8 jam pada usia 4-6 bulan. 70-80% bayi akan tidur sepanjang malam pada usia 9 bulan dan tidur siang mereka umumnya akan berkisar dari 2-4 jam dalam 2 kali sehari.

Pesan dari SehatQ!

Jika jumlah waktu tidur yang dibutuhkan tidak terpenuhi oleh bayi, maka dapat menyebabkan gangguan tidur pada anak. Bayi akan sulit tidur dan rewel sepanjang malam yang akan turut mengganggu kesehatan bayi dan ibu.Jika masih ingin berkonsultasi terkait cara terbaik agar bayi cepat tidur, Anda bisa konsultasikan langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menidurkan bayi
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait