10 Perkembangan Bayi yang Menghibur Orangtua di Tahun Pertama

Perkembangan bayi pada tahun pertama menjadi poin penting dalam mengasuh si buah hati
Perkembangan bayi 3 bulan yang harus mendapat perhatian penting

Perkembangan bayi menjadi poin penting dalam mengasuh si buah hati. Pada masa perkembangan bayi dalam tahun pertama kehidupannya, orangtua umumnya akan dipenuhi kelelahan, kebahagiaan, hingga pertanyaan tak henti-henti atas pencapaian atau milestones yang dicapai si kecil.

Untuk membantu Anda dalam memahami tahap-tahap tersebut, mari simak apa saja perkembangan bayi pada tahun pertama yang bisa diharapkan oleh orangtua di bawah ini!

1. Penuh Senyuman

Banyak penjelasan ilmiah yang mengaitkan senyuman bayi dengan gas di perut. Hal ini disebabkan oleh bayi yang belum bisa berinteraksi secara sosial, setidaknya bukan pada usia di bawah 2 bulan.

Namun, saat memasuki usia perkembangan bayi 2 bulan, bayi akan mulai memperlihatkan senyuman sebagai bentuk respons terhadap orangtua. Jadi, jangan heran jika bayi mulai rajin memperlihatkan mood girang di sekitar Anda.

2. Tertawa

Mulai usia 4 bulan, orangtua akan dipenuhi dengan suara tertawa merdu dari si bayi. Pada dasarnya, bayi sangat mudah merasa terhibur dan suka tertawa hingga tergelak atas stimulasi orangtua. Rajinlah berinteraksi dengan bayi supaya perkembangan bayi juga sehat secara emosional.

3. Tidur Malam yang Nyenyak

Satu hal yang paling banyak ditanya seputar perkembangan bayi adalah kapan bayi akan tertidur pulas di malam hari tanpa harus disusui lagi. Jawabannya adalah pada sekitar usia 4-6 bulan.

Meski demikian, jangan cemas jika bayi masih membutuhkan susu malam jika sudah melewati masa tersebut. Pasalnya, tiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

4. Duduk

Di perkembangan bayi usia 5 atau 6 bulan, si kecil akan mulai bisa duduk dengan bantuan, seperti disangga bantal atau tangannya sendiri. Di perkembangan bayi pada usia 7-9 bulan, bayi umumnya sudah bisa duduk tanpa dibantu sama sekali.

5. Merangkak

Siap-siap untuk semakin direpotkan atas lasaknya bayi yang memasuki usia 8 bulan. Perkembangan bayi secara motorik akan semakin baik, dan pada sekitar usia 9 bulan, gerakan merangkak akan ia kuasai.

Akan tetapi, ada pula bayi yang lebih memilih melata atau bergerak dengan perut dibandingkan merangkak. Jangan khawatir karena tiap individu juga punya kecepatan perkembangan bayi tersendiri dalam pergerakannya.

6. Melambaikan Tangan

Di perkembangan bayi pada usia 9 bulan, bayi mulai memahami hubungan antara suara, gerakan, dan makna. Mereka akan mengerti untuk melambaikan tangan sebagai salam berpisah jika ada yang meninggalkan ruangan.

7. Menikmati Finger Food

Kontrol motorik bayi akan semakin menguat pada usia 9-12 bulan. Oleh sebab itu, mereka dapat mulai memegang makanan berukuran kecil (finger food) dengan baik dan menikmatinya.

Bukan cuma makanan, orangtua harus waspada karena si kecil juga akan melahap benda-benda kecil selain makanan yang dilihatnya.

8. Berdiri

Berdiri adalah salah satu perkembangan bayi yang paling dinanti. Bayi mulai bisa berdiri sejenak tanpa dibantu pada usia 12 bulan. Sering waktu, mereka juga akan mulai berjalan kecil sambil berpegangan dengan barang-barang di sekitarnya.

9. Melangkah

Langkah pertama adalah salah satu perkembangan bayi yang paling diantisipasi orangtua. Kisaran normal perkembangan bayi ini biasanya terjadi antara 9-17 bulan, dengan rata-rata usia 13 bulan sebagai patokan yang lazim.

10. Kata Pertama

Dari tawa kecil menjadi kata penuh makna, perkembangan bayi berupa kata pertama dapat menjadi momen paling spesial. Di masa sekitar ulang tahun pertamanya, Anda akan mulai mendengar celotehan si kecil yang serba menggemaskan.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby-milestones-first-year

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed