Vaksin: Cara Melindungi Kesehatan Anak yang Paling Ampuh

Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin untuk kesehatan anak dan keluarga
Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin untuk kesehatan anak dan keluarga

Vaksin adalah persiapan biologis yang memberikan perlindungan atau imunitas terhadap penyakit tertentu. Vaksin akan menjadi senjata ampuh untuk mencegah atau menghadapi penyakit tertentu yang menjangkiti bayi, anak, bahkan dewasa. Jangan sampai ketidakpahaman menjadi penghalang kesehatan terbaik Anda dan keluarga. Berikut ini adalah 10 penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin:

1. Campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari golongan paramixovirus melalui dari udara. Rata-rata 90% dari manusia belum memiliki kekebalan terhadap virus campak yang sangat mudah menular ini.

Penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin ini dapat menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia, radang otak, dan mengakibatkan kematian.

2. Batuk Rejan (Pertusis)

Batuk rejan adalah infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernafasan yang mudah menular. Pada bayi muda yang berusia kurang dari 1 tahun, pertusis bisa menjadi mengakibatkan pneumonia, kejang, masalah pernafasan, hingga komplikasi serius lainnya. Melakukan vaksin DPT secara terjadwal dapat mencegah terjangkit penyakit pertusis.

3. Flu

Vaksin influenza dapat meminimalisir kesempatan bayi Anda terjangkit penyakit flu. Walau terkesan sepele, penyakit flu bisa memperparah asma dan diabetes, serta mengakibatkan kematian pada kasus flu berat. Dengan vaksin, resiko flu berkurang hingga 40-60% secara efektif.

4. Polio

Sebelum vaksin polio ditemukan, polio adalah salah satu penyakit yang umum di dunia dan memakan korban hingga ribuan orang setiap tahunnya. Virus polio hidup di sistem pencernaan manusia dan bisa ditularkan melalui air atau kontak langsung.

Gejala polio yang hampir mirip dengan flu bisa berakibat infeksi otak, lumpuh, hingga kematian. Walau belum sepenuhnya musnah, kasus penyakit ini sudah berkurang drastis sejak ditemukannya vaksin polio.

5. Infeksi Paru-Paru atau Pneumonia

Virus pneumococcal dapat mengakibatkan infeksi paru-paru, infeksi telinga dan darah, hingga meningitis. Komplikasi akibat virus ini bisa berbahaya, terutama untuk para manula di atas usia 65 tahun. Vaksin PVC memiliki tingkat efektivitas hingga 99% dalam mencegah penyakit ini untuk anak yang sudah diimunisasi penuh.

6. Tetanus

Komplikasi tetanus seperti kaku otot rahang, masalah pernafasan, kejang otot, lumpuh, hingga kematian semua bisa dicegah dengan vaksin yang tepat. Dengan tingkat kematian hingga 10-20% pada kasusnya, tetanus kini sudah semakin jarang dan masuk kategori penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin.

7. Meningitis (Radang Selaput Otak)

Infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang bisa menyebabkan kematian hingga 15% pada kasusnya. Selain diberikan vaksin meningitis, diagnosis dan pengobatan yang tepat adalah kunci untuk mencegah kematian akibat penyakit ini.

8. Hepatitis B

Virus Hepatitis B termasuk sangat menular. Penularannya 100 kali lipat lebih mudah dibandingkan dengan virus HIV. Sebagai penyebab penyakit liver, termasuk kanker hati, virus ini bisa diturunkan dari ibu hamil ke bayinya. Oleh karena itu, vaksin Hepatitis B termasuk salah satu vaksin yang dianjurkan dalam 24 jam kelahiran.

9. Gondong

Penyakit gondong ditandai dengan pembengkakan kelenjar ludah yang bisa mengakibatkan meningitis dan tuli. Berkat vaksin MMR, kini gondong dapat dicegah dan jumlah kasusnya menurun drastis, terutama di Amerika Serikat.

10. HIB (Haemophilus Influenzae Tipe B)

Virus HIB sering menimpa bayi dan anak-anak karena imunitas tubuh mereka yang masih lemah. Dengan vaksin HIB, komplikasi seperti radang paru-paru, meningitis, hingga infeksi darah, tulang, dan persendian dapat dicegah secara efektif.

Berkat kemajuan di dunia kesehatan, semakin banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin. Hindari ajakan anti vaksin yang tidak berdasar dan segera dapatkan jadwal imunisasi sesuai dengan anjuran Ikatan Dokter Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

WebMD. https://www.webmd.com/children/vaccines/ss/slideshow-vaccine-preventable-diseases

ICHRC. http://www.ichrc.org/47-pertusis
Vaccines.gov. https://www.vaccines.gov/diseases/polio/index.html
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed