10 Penurun Panas Alami yang Ampuh Atasi Demam Anak

06 Agt 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari
Suhu badan anak meningkat atau demam biasanya disertai dengan sakit kepala, keringat dingin, dan mengigil
Demam anak yang tergolong ringan dapat diatasi dengan penurun panas alami

Demam merupakan salah satu kondisi yang biasa terjadi pada anak-anak. Demam terjadi ketika suhu tubuh anak berada di atas normal atau lebih dari 37?, dan diikuti oleh beberapa gejala, seperti panas, sakit kepala, berkeringat dingin, dan menggigil.

Sebagai upaya menurunkan panas akibat demam, biasanya anak akan diberikan obat ibuprofen atau acetaminophen. Namun sebelum menggunakan obat tersebut, Anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan penurun panas alami yang juga ampuh menurunkan panas pada anak.

Penurun panas alami untuk demam anak

Ada beberapa penurun panas alami yang dapat Anda berikan pada anak ketika mereka demam. Bahan-bahan penurun panas alami ini meliputi:

  • Jahe

Jahe telah populer digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Anda dapat memberi anak teh jahe atau membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe.

Minuman jahe hangat bisa membuat anak berkeringat, serta membantu menghilangkan panas dan racun pada tubuh. Tak hanya menyehatkan, minuman jahe juga enak untuk dikonsumsi apalagi jika ditambah dengan madu.

  • Echinacea

Meski mungkin terdengar asing, namun echinacea ternyata telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk berbagai penyakit. Ketika anak mengalami demam, Anda dapat memberi mereka teh yang mengandung echinacea.

Teh echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Selain itu, teh ini juga bisa membantu melawan infeksi dan menghilangkan demam secara lebih cepat.

  • Bawang merah

Bawang merah bukan hanya menjadi bumbu utama dalam memasak, namun juga dapat digunakan sebagai obat. Bawang merah dapat membantu mengurangi suhu tubuh yang panas dan mengurangi rasa sakit pada tubuh selama demam.

Untuk menurunkan panas akibat demam pada anak, Anda dapat mengiris bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Lalu, balurkan pada tubuh anak sebanyak dua kali sehari. Jika rutin dilakukan, panas anak akan segera turun dan bisa cepat pulih kembali.

  • Chamomile

Teh chamomile merupakan obat alami yang baik digunakan saat demam. Anda bisa membeli chamomile di toko obat herbal. Untuk cara penggunaannya, rebus air dan rendam daun teh chamomile selama 1 menit.

Lalu, tambahkan madu ke dalamnya. Setelah jadi, berikan secangkir teh tersebut pada anak Anda sebanyak dua kali sehari. Biasanya tidak ada perubahan rasa yang terjadi pada teh chamomile sehingga anak dapat menikmatinya. Teh herbal ini mampu mengurangi demam anak sehingga bisa cepat pulih.

  • Lemon dan madu

Lemon yang dikombinasikan dengan madu efektif dalam mengurangi demam karena dapat memperkuat kekebalan tubuh. Anda dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm jus lemon. Kemudian, campur kedua bahan tersebut dengan baik, dan berikan pada anak Anda.

Campuran ini dapat membantu menurunkan demam anak. Bukan hanya itu, kombinasi lemon dan madu juga terasa enak dan menyegarkan tubuh. Anda pun bisa mendapatkan keduanya dengan mudah.

  • Air kelapa

Minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk menyegarkan tubuh. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya sebagai cara yang efektif untuk tetap terhidrasi ketika demam sehingga tubuh dapat segera pulih.

  • Peppermint

Peppermint dikenal dengan sifatnya yang dapat mendinginkan karena kandungan mentol yang tinggi. Anda dapat memberi anak teh peppermint hangat. Mengonsumsi minuman yang hangat dapat membantu tubuh anak menjadi lebih banyak berkeringat sehingga dapat menurunkan panasnya.

  • Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman obat yang efektif untuk berbagai penyembuhan. Tanaman ini juga dapat membantu menurunkan panas demam. Anda dapat memberi anak minuman olahan gel lidah buaya, atau mengoleskan gel lidah buaya pada kulitnya agar lebih terasa dingin.

  • Sayur dan buah

Dalam menurunkan panas, Anda dapat memberi anak banyak sayur dan buah yang mengandung air. Buah-buahan, seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik. Sementara, sayuran yang direkomendasikan, yaitu seledri, mentimun, dan kembang kol. Anda dapat menyajikannya sebagai salad atau smoothie.

  • Siapkan mandi air hangat

Siapkan air hangat dalam bak mandi untuk anak Anda. Ajak mereka untuk berendam selama kurang lebih 20 menit, atau hingga ia mulai merasa kedinginan. Ketika air menguap dari kulitnya, maka hal tersebut dapat mendinginkan dan menurunkan suhu tubuhnya. Jangan gunakan air dingin karena dapat membuat anak menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik.

Upaya-upaya menurunkan panas karena demam secara alami sebaiknya dilakukan jika demam yang terjadi merupakan demam yang ringan. Namun, apabila yang dialami adalah demam berat dan berlangsung lama, sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter. Panas yang tak kunjung menurun dan berlangsung lama dapat berakibat buruk jika tak mendapat penanganan yang tepat.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/effective-fever-remedies#1
Diakses pada 05 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-body-heat#how-to-lower-it
Diakses pada 05 Agustus 2019

Baby Centre. https://www.babycenter.com/404_how-can-i-reduce-my-childs-fever-without-using-medicine_10338495.bc
Diakses pada 05 Agustus 2019

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/best-home-remedies-fever-children/
Diakses pada 05 Agustus 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/safe-ways-to-treat-a-fever-4023633
Diakses pada 05 Agustus 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top