Manfaat kesehatan biji labu kuning
Selain buahnya, biji labu kuning punya manfaat kesehatan

Labu kuning memiliki tekstur yang lembut dan karenanya sering digunakan sebagai bahan baku kue ataupun kudapan lainnya. Tidak hanya dagingnya saja, biji labu kuning juga bisa dikonsumsi dan dipanggang untuk dijadikan cemilan sehat sehari-hari.

Manfaat biji labu kuning tidak sekecil ukurannya, karena faktanya terdapat beragam manfaat biji labu kuning untuk kesehatan. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas sperma.

Apa saja manfaat biji labu kuning?

Biji labu kuning adalah alternatif murah yang dapat ditemukan di supermarket ataupun dibuat sendiri di rumah. Anda dapat menjaga kesehatan hanya dengan mengonsumsi cemilan kecil ini untuk mengganti cemilan tak sehat lainnya.

  • Membantu mencapai berat badan ideal

Biji labu kuning memiliki kalori yang rendah, yaitu sebanyak 151 kalori dalam setiap 28 gram biji labu kuning. Tidak hanya kalori yang rendah, biji labu kuning memiliki kandungan serat yang tinggi.

Serat dalam biji labu kuning juga dapat membantu Anda menjaga berat badan dengan membuat Anda tetap kenyang dan melancarkan pencernaan.

  • Menjaga kesehatan prostat dan kandung kemih

Biji labu kuning dapat membantu mengurangi gejala dari benign prostatic hyperplasia (BPH) yang merupakan kondisi saat kelenjar prostat membesar dan menimbulkan masalah saat buang air kecil. Biji labu kuning juga bermanfaat dalam mengatasi gangguan fungsi kandung kemih.

  • Melindungi organ jantung

Ingin jantung yang lebih sehat? Cobalah konsumsi biji labu kuning yang mengandung seng, asam lemak, magnesium, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Bahkan, minyak dari biji labu kuning dapat mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

  • Meningkatkan kualitas sperma

Bagi para pria, salah satu faktor yang dapat mengurangi kualitas sperma adalah kadar seng yang rendah. Biji labu kuning memiliki kandungan seng yang tinggi, karenanya berpotensi meningkatkan kualitas sperma.

  • Menjaga kesehatan tulang

Senyawa magnesium dalam biji labu kuning tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi juga berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan penting untuk pembentukan tulang.

  • Membantu untuk tidur

Tidak hanya susu, biji labu kuning juga mengandung senyawa asam amino triptofan yang dapat membantu Anda untuk bisa terlelap.

Selain itu, biji labu kuning juga mengandung seng yang membantu proses pengolahan triptofan menjadi melatonin atau hormon yang mengatur siklus tidur.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Minyak dari biji labu kuning mengandung antioksidan dan vitamin E yang tinggi. Keduanya berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

  • Menurunkan kadar gula darah

Biji labu kuning berperan dalam menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Penurunan kadar gula darah dikarenakan senyawa magnesium dalam biji labu kuning.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan unik squalene yang menyerupai antioksidan beta-karoten terdapat dalam biji labu kuning. Senyawa ini mampu menjaga kulit dari sinar ultraviolet matahari dan paparan radiasi lainnya.

  • Mengurangi risiko terkena kanker

Biji labu kuning ditemukan mampu menurunkan risiko kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan prostat. Selain itu, biji labu kuning berpotensi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Kandungan lignan dalam biji labu kuning diyakini dapat mencegah dan mengatasi kanker payudara.

Apakah ada bahaya saat mengonsumsi biji labu kuning?

Secara garis besar, Anda dapat menyantap manfaat biji labu kuning secara aman. Hanya saja, biji labu kuning berpotensi membuat anak-anak tersedak, karenanya orangtua perlu mengawasi anak saat anak memakan biji labu kuning.

Selain itu, biji labu kuning juga rentan untuk rusak, karenanya simpan biji labu kuning di tempat yang kering, sejuk, dan gelap. Bila disimpan dengan benar, biji labu kuning dapat bertahan tiga sampai empat bulan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-pumpkin-seeds#section12
Diakses pada 20 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/303864.php
Diakses pada 20 Desember 2019

ScienceDirect. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0963996909000453
Diakses pada 20 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed