12 Manfaat Olahraga Barbel yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental


Olahraga barbel sangat ampuh untuk membesarkan dan menguatkan otot. Tidak hanya itu, olahraga ini juga bisa meredakan gejala depresi dan diabetes.

(0)
16 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat olahraga barbel untuk wanitaAngkat barbel memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga kestabilan tekanan darah.
Angkat barbel adalah olahraga yang ampuh untuk memperbesar massa otot. Namun, itu bukanlah satu-satunya manfaat angkat barbel. Faktanya, angkat barbel secara rutin sangatlah baik untuk kesehatan fisik dan juga mental. Tidak percaya? Buktikan sendiri lewat penjelasannya di bawah ini.

12 manfaat olahraga barbel untuk kesehatan

Beberapa riset membuktikan bahwa angkat barbel tidak hanya memperbesar massa otot, tapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, pahamilah beberapa manfaat angkat barbel ini.

1. Meredakan gejala depresi

Berolahraga dikenal sebagai aktivitas yang dapat meredakan gejala depresi, sebut saja berenang hingga dansa aerobik. Ternyata, mengangkat beban berat seperti barbel pun juga punya efek yang sama terhadap kesehatan mental.Dalam sebuah riset, sekitar 40 responden diminta untuk berolahraga lari dan angkat barbel. Ternyata, efek yang dihasilkan untuk meredakan gejala depresi, sama-sama siginifikan.

2. Mencegah osteoporosis

Manfaat angkat barbel selanjutnya adalah mencegah osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang. Menurut seorang ahli, angkat barbel tidak hanya memperkuat otot, tapi juga tulang yang digunakan saat sedang mengangkat barbel itu.

3. Meningkatkan performa olahraga

Angkat barbel
Angkat barbel
Angkat barbel disebut sebagai salah satu fondasi kuat untuk Anda meningkatkan performa berolahraga. Misalnya, Anda suka bermain sepak bola. Dengan sering berlatih angkat barbel, tenaga Anda akan terlatih dan bisa menjadi pemain sepak bola yang “kuat” di lapangan, sehingga tidak mudah terjatuh saat berebut bola.Selain itu, angkat barbel juga disebut mampu meningkatkan ketangkasan dan daya tahan Anda dalam berolahraga.

4. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah riset dari lembaga penelitian di Amerika Serikat, The National Institutes of Health menemukan bahwa pria yang suka mengangkat beban selama 150 menit dalam seminggu, terhindar dari risiko diabetes sebanyak 34 persen.Dalam penelitian itu, jika angkat barbel “ditemani” dengan olahraga kardiovaskular lainnya, risiko diabetes bisa turun hingga 59%.

5. Menyehatkan jantung

Ternyata, mengangkat beban seperti barbel di gym, bisa menyehatkan jantung. Sebuah riset dari Appalachian State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa tekanan darah bisa diturunkan sebanyak 20% dengan angkat barbel dan beban lainnya di gym.Selain itu, sirkulasi darah juga meningkat setelah angkat barbel. Bahkan, efek ini bisa berlangsung selama 30 menit setelah sesi angkat barbel usai.

6. Mencegah cedera patah tulang

Seperti yang sudah disinggung di atas, angkat barbel bisa memperpadat tulang sehingga mencegah osteoporosis. Ternyata, tulang yang kuat juga bisa mencegah cedera patah tulang.Tidak hanya itu, angkat beban juga dipercaya dapat mendukung kesehatan sendi-sendi tubuh.

7. Membakar kalori

Perlu diakui, olahraga kardiovaskular disebut lebih ampuh dalam membakar kalori. Namun ternyata, kemampuan angkat barbel dalam membakar kalori tidak boleh diremehkan.Sebab, mengangkat beban bisa membantu Anda membakar kalori, bahkan setelah sesi olahraga sudah usai. Hal ini dikenal dengan sebutan efek afterburn dalam dunia olahraga.

8. Menjaga kestabilan gula darah

angkat barbel
Angkat barbel
Angkat barbel ternyata bisa menstimulasi produksi otot putih dalam tubuh. Jenis otot ini akan membantu Anda menjaga kestabilan gula darah.Perlu diketahui, otot putih “melahap” gula darah ntuk memproduksi energi. Jadi, kadar gula darah di dalam tubuh Anda bisa terjaga dengan keberadaan otot putih ini.

9. Mempermudah aktivitas sehari-hari

Bagi wanita, latihan angkat barbel bisa memudahkan kegiatan sehari-hari. Sebab, angkat barbel bisa meningkatkan kekuatan Anda dan membuat pekerjaan sehari-hari lebih “enteng”Misalnya, menggendong bayi terasa jadi lebih ringan, dibandingkan sebelumnya. Mengangkat pakaian kotor ke mesin cuci pun jadi terasa tidak berat lagi.

10. Meredakan nyeri sendi

Baru-baru ini, sebuah riset membuktikan kalau angkat barbel dan beban lainnya bisa meredakan nyeri sendi. Bahkan, studi itu mengikutsertakan penderita artritis untuk langsung mencoba angkat barbel.Sebab dengan otot yang kuat, para penderita artritis jadi bisa menjaga kesehatan sendi mereka saat beraktivitas, sehingga nyeri sendi dapat dicegah.

11. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian memeriksa 100 orang dewasa dengan usia sekitar 55 hingga 86 tahun, menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga fisik dua kali seminggu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif mereka setelah periode 18 bulan, dibandingkan dengan mereka yang tidak.Sebuah studi lanjutan pada 2016, yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatry pun membantu menjelaskan alasannya. Latihan ketahanan tampaknya mempertebal materi abu-abu di bagian otak yang sering terkena penyakit Alzheimer.

12. Meningkatkan kepercayaan diri

Ternyata, manfaat angkat barbel dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tidak hanya itu, mengangkat barbel juga bisa meredakan gangguan cemas, depresi, dan meningkatkan rasa senang.

Tips mulai olahraga angkat barbel untuk pemula

Jika Anda baru ingin memulai olahraga angkat barbel sebagai rutinitas, sebaiknya Anda melakukan tips berikut agar efeknya bisa lebih maksimal:

1. Pemanasan

Beberapa aktivitas aerobik, seperti joging 5 menit atau jalan cepat, akan meningkatkan aliran darah ke otot Anda dan melatihnya untuk latihan yang baik. Melompat tali atau melakukan jumping jack selama beberapa menit juga merupakan pilihan pemanasan yang baik sebelum mengangkat barbel.

2. Mulailah dengan beban yang lebih ringan

Anda bisa memulai dengan beban yang bisa Anda angkat sebanyak 10 hingga 15 kali dengan posisi yang benar. Mulailah dengan 1 atau 2 set  dengan 10 hingga 15 repetisi, dan perlahan-lahan tingkatkan menjadi 3 set atau lebih.

3. Tingkatkan beban secara bertahap

Jika Anda dapat melakukannya dengan mudah, sesuai dengan jumlah set dan repetisi yang disarankan, tambah beban Anda sebanyak 5 hingga 10 persen.
Pastikan berat beban tepat untuk Anda sebelum melakukan olahraga. Jangan lupa istirahat setidaknya 60 detik di antara set. Ini dapat mencegah kelelahan otot, terutama saat Anda memulai.

4. Batasi latihan

Pastikan Anda berolahraga tidak lebih dari 45 menit. Anda bisa mendapatkan latihan yang Anda butuhkan dalam kerangka waktu ini. Sesi yang lebih lama mungkin tidak memberikan hasil yang lebih baik dan dapat meningkatkan risiko kelelahan otot.

5. Regangkan otot Anda dengan lembut setelah berolahraga

Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda, meredakan ketegangan otot, dan mengurangi risiko cedera. Hal ini merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan setiap setelah olahraga apapun.

6. Istirahat satu atau dua hari di sela-sela latihan

Beristirahat memberi otot Anda waktu untuk pulih dan mengisi kembali simpanan energi sebelum latihan berikutnya. Memaksakan berolahraga disaat tubuh Anda belum siap juga dapat mengakibatkan cedera.

Catatan dari SehatQ:

Setelah melihat manfaat angkat barbel di atas, tidak ada salahnya untuk Anda mulai membiasakan diri mengangkat beban saat sedang olahraga. Ingat, jangan paksakan tubuh Anda. Mulailah dari barbel yang ringan terlebih dahulu. Jika merasa kekuatan otot sudah meningkat, barulah Anda boleh coba “naik level” ke barbel yang lebih berat.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehatadv odyn
Livestrong. https://www.livestrong.com/slideshow/1008208-13-benefits-weightlifting-one-tells/?slide=1
Diakses pada 10 April 2020
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/5-health-benefits-lifting-weights-428571
Diakses pada 10 April 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/top-reasons-to-lift-weights-1231112
Diakses pada 10 April 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/why-woman-should-lift-weights-3119467
Diakses pada 10 April 2020
AARP. https://www.aarp.org/health/healthy-living/info-2019/strength-training-health-benefits.html
Diakses pada 7 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-start-lifting-weights#before-you-begin
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait