10 Makanan Diet Keto yang Wajib Anda Ketahui


Saat menjalani diet keto, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, tapi tinggi lemak, serta membatasi karbohidrat. Anda bisa menemukannya antara lain pada keju, sayuran rendah karbohidrat, serta seafood.

(0)
02 May 2019|Aby Rachman
Menu diet keto direkomendasikan mengonsumsi makanan rendah kalori, namun tinggi lemakKeju adalah salah satu makanan diet keto yang lezat
Setiap program diet memiliki ketentuan yang unik. Seperti halnya diet Atkins, diet ketogenik merekomendasikan lebih banyak asupan kalori yang berasal dari protein dan lemak, serta membatasi karbohidrat. Anda tidak perlu khawatir, karena panduan yang berisi sepuluh sumber makanan diet keto di bawah ini dapat Anda gunakan. Perhatikan pula makanan yang masuk dalam daftar pantangan dalam diet keto.

Rekomendasi Makanan Diet Keto

1. Seafood sebagai Makanan Diet Keto

Ikan dan udang adalah sahabat terbaik untuk Anda yang sedang menjalani diet keto. Salmon, misalnya, sangat kaya akan vitamin B, potasium, selenium dan tentunya, bebas karbohidrat. Begitu juga dengan udang dan kepiting.

2. Sayuran Rendah Karbohidrat

Sayuran seperti bayam dan kubis dapat memenuhi asupan serat Anda sehari-hari selama menjalani diet keto. Sayuran ini mengandung mineral dan vitamin C serta rendah kalori.

3. Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang sangat pas untuk diet keto, karena tinggi kandungan lemak. Dalam setiap 28 gram keju cheddar, terdapat 1 gram karbohidrat dan 7 gram protein.

4. Alpukat

Alpukat telah banyak digunakan dalam menu diet, termasuk dalam makanan diet Keto. Selain serat, kandungan vitamin dan mineral dalam alpukat sangat penting, untuk memberikan kecukupan gizi bagi yang seringkali kekurangan zat mineral. Selain itu, alpukat juga membantu menstabilkan level kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini didukung oleh studi yang mewajibkan responden mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang banyak. Para responden mengalami penurunan kadar kolesterol jahat higga 22 persen, dan meningkatkan kolesterol baik hingga 11 persen.

5. Daging dan Unggas

Menu makanan diet keto membutuhkan daging dan unggas di dalamnya. Selain tidak mengandung karbohidrat, daging dan unggas kaya akan vitamin B dan mineral, termasuk potasium, selenium, dan zinc.

6. Telur

Mengonsumsi telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah. Kuning telur memiliki nutrisi penting untuk kesehatan mata, karena mengandung antioksidan lutein. Meski telur sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi, sebenarnya konsumsi telur tidak menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Telur malah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Minyak Kelapa

Kandungan unik dalam minyak kelapa sangat cocok sebagai bahan makanan diet Keto. Bagi penderita Alzheimer misalnya, minyak kelapa sangat disarankan untuk meningkatkan level keton. Asam lemak di dalam minyak kelapa dapat mengurangi lemak pada perut. Konsumsi dua sendok makan minyak kelapa setiap hari, terbukti mengurangi lingkar perut hingga 2,5 cm.

8. Greek Yogurt

Yogurt memang mengandung karbohidrat, tapi jumlahnya sangat sedikit. Oleh karena itu, yogurt cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat dalam menu diet keto. Selain itu, yogurt juga membuat Anda kenyang lebih lama. Greek yogurt bisa menjadi pilihan sehat Anda.

9. Minyak Zaitun

Kandungan minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala penyempitan pembuluh darah, dan cocok digunakan sebagai salad dressing. Minyak zaitun sebaiknya baru dicampurkan ke dalam makanan setelah selesai memasak, atau diolah dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi, untuk menjaga nutrisinya.

10. Kacang dan Biji-bijian

Konsumsi kacang-kacangan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, depresi, dan penyakit serius lainnya. Selain itu, kacang dan biji-bijian juga kaya akan serat dan sangat disarankan sebagai makanan diet keto.

Makanan Pantangan dalam Diet Keto

Dalam menjalani diet keto, sebaiknya Anda menghindari konsumsi roti-rotian, makanan dan minuman manis, pasta, sayuran tinggi karbohidrat, serta buah-buahan tertentu (pisang, nanas, anggur). Bahan makanan dengan lemak tak sehat seperti margarin, minyak jagung, maupun minyak canola, harus Anda hindari. Begitu pula dengan makanan cepat saji serta daging olahan seperti sosis. Selain itu, Anda pun harus menjauhi makanan dengan pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.
diet ketodiet sehattips diet
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-ketogenic-diet
Diakses pada 18 Februari 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-foods
Diakses pada Oktober 2018
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/keto-diet-meal-plan-and-menu#meal-plan
Diakses pada 18 Februari 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait