Fakta bayi dalam perkembangan mereka dari hari ke hari
Fakta bayi yang bisa membantu orangtua semakin siap dan tanggap

Dalam mengasuh bayi, orangtua akan belajar banyak hal baru tentang si kecil. Anda akan mempelajari fakta-fakta bayi yang dalam perkembangan mereka dari hari ke hari, yang bisa membantu orangtua semakin siap dan tanggap dalam menghadapi kelakuannya, seperti bayi menangis pola makan, dan masih banyak lagi. Siap belajar tentang fakta-fakta bayi menarik? Ini dia 10 fakta bayi yang wajib orangtua ketahui.

1. Tinja Pertama Bayi

Jangan langsung panik melihat tinja pertama bayi yang umumnya berwarna hitam, pekat, dan tanpa bau. Umumnya disebut meconium, tinja pertama bayi ini terbentuk dari lendir dan cairan dari rahim ibu serta sisa-sisa pencernaan semasa dalam kandungan.

Meconium tidak mengandung bakteri pencernaan yang biasanya hanya akan muncul setelah bayi mulai menyusui. Sekitar sehari atau lebih setelah bayi disusui, tinja bayi akan berangsur menjadi bentuk yang sudah kita kenali dengan warna hijau, kuning, atau coklat dengan bau khas.

2. Pernapasan Terhenti

Sering mengendap-ngendap saat bayi tidur untuk mengecek pernapasannya? Wajar saja kalau orangtua khawatir. Fakta bayi sesungguhnya mereka bisa berhenti bernapas sekitar 5-10 detik saat tidur.

Pernapasan yang tidak teratur tersebut adalah normal, terkecuali bayi berhenti bernapas lebih dari 10 detik dan wajahnya membiru. Saat mereka menangis atau terstimulasi, bayi bisa bernapas hingga lebih dari 60 tarikan napas per menit.

3. Indra Perasa

Meski bayi memiliki jumlah sensor indra perasa yang sama dengan orang dewasa, sensor tersebut juga mencakup area lain, seperti amandel dan bagian belakang tenggorokan. Bayi yang baru lahir bisa merasakan manis, pahit, dan asam, namun tidak untuk rasa asin yang umumnya muncul saat menginjak usia 5 bulan.

Indra perasa ekstra di bagian tonsil dan belakang tenggorokan adalah bagian dari daya tahan hidup. ASI akan terasa manis, sedangkan rasa pahit dan asam akan ditolak sebagai tanda bahaya. Saat mereka mulai menyantap makanan padat, bayi cenderung akan menyukai apa yang ibunya makan sewaktu hamil dan menyusui.

4. Air Mata

Pada sekitar usia 2-3 minggu, bayi menangis tanpa air mata dan akan mulai mengeluarkan air mata saat memasuki usia 1 bulan. Saat bayi rewel tanpa alasan yang jelas, tidak banyak yang akan bisa dilakukan orangtua selain berusaha menenangkannya.

Bayi menangis juga akan memasuki puncaknya pada usia 6-8 minggu. Setelah memasuki usia 3 bulan, periode bayi menangis ini umumnya akan berangsur membaik, terkecuali untuk bayi prematur yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

5. Payudara Bayi

Bagian dada bayi terlihat lebih menonjol seperti memiliki payudara? Bahkan, bagian “payudara” ini bisa mengeluarkan susu! Namun jangan khawatir.

Fakta bayi yang satu ini berkaitan dengan hormon estrogen yang terserap semasa dalam kandungan. Ini juga sebabnya mengapa bayi perempuan terkadang bisa “bermenstruasi” selama beberapa hari. Yang penting, orangtua jangan menekan bagian payudara bayi dan benjolan ini akan berangsur menghilang dalam beberapa minggu.

6. Berpaling ke Kanan

15% bayi akan cenderung berpaling ke arah kanan saat dibaringkan. Ilmuwan menjelaskan bahwa ini ada kaitannya dengan gen dan preferensi, sama seperti lesung pipi atau menulis dengan tangan kanan/kiri. Fenomena ini umumnya akan hilang setelah beberapa bulan, sehingga fakta bayi yang satu ini tidak perlu dicemaskan.

7. Sel Otak Ekstra

Bayi memiliki “masa keemasan” dimana otak mereka akan menyerap dan mempelajari banyak hal dengan cepat. Hal ini terjadi karena otak bayi memiliki sel-sel otak tertentu yang berfungsi mengantarkan pesan ke otak. Sel-sel otak kreatif ini akan mati dan tidak tergantikan seiring daya fokus mereka meningkat saat menginjak dewasa.

8. Ereksi Penis

Fakta bayi yang ini ada pada bayi laki-laki, terutama saat sebelum mereka pipis atau bahkan sewaktu proses USG dalam kandungan. Penis bayi juga akan terlihat lebih besar saat baru dilahirkan karena pengaruh hormon dan gen ibu. Tetapi semua hal ini tidak perlu menjadi kekhawatiran karena sama sekali tidak berpengaruh kepada kesehatan genitalnya.

9. Terkejut atau Kaget

Jika Anda melihat bayi tiba-tiba kaget, kejang, dan kedua tangan terangkat ke udara, tidak perlu merasa cemas. Refleks bayi ini disebut refleks Moro yang merupakan reaksi atas insting kehilangan keseimbangan. Refleks Moro akan berangsur hilang pada usia 3-6 bulan seiring kendali motorik mereka yang berkembang.

10. Menghilangnya Tanda Lahir

Bayi yang terlahir dengan tanda lahir, seperti warna kemerahan pada bagian pipi, dahi, kelopak mata, dan area wajah lainnya sering membuat orangtua cemas. Sama halnya dengan lebam pada pantat bayi, fakta bayi yang satu ini tidak perlu dicemaskan karena bisa menghilang dalam beberapa tahun pertama hidupnya.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby-strange-facts

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed