Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Menahan Lapar


Banyak ahli berpendapat bahwa Anda tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan, yang perlu Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup Anda. Sarapan setiap hari merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

0,0
02 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Banyak cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat Anda lakukanCara terbaik untuk menurunkan berat badan secara permanen adalah dengan menguranginya secara perlahan
Banyak cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat Anda lakukan. Masalahnya, program diet yang saat ini banyak diklaim dapat menurunkan berat badan secara drastis nyatanya hanya memberikan rasa lapar dan efek sesaat bagi yang menjalankannya.Sementara cara terbaik untuk menurunkan berat badan secara permanen adalah dengan menguranginya secara perlahan. Banyak ahli berpendapat bahwa Anda tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup Anda. Berikut adalah 10 cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat Anda ikuti:

1. Sarapan Setiap Hari

Salah satu kebiasaan yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh banyak orang dalam mengurangi berat badan adalah dengan sarapan setiap hari. Menurut seorang ahli, banyak orang salah kaprah tentang sarapan. Apa alasannya?Mereka menganggap bahwa tidak sarapan dapat memangkas asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Padahal kenyataannya, mereka justru akan lebih banyak makan sepanjang hari jika tidak mengonsumsi sarapan. Cobalah untuk mengonsumsi semangkuk sereal dengan topping buah dan susu rendah lemak untuk memulai hari.

2. Tutup Dapur pada Malam Hari

Tetapkan waktu bagi diri Anda untuk berhenti makan agar terhindar dari kebiasaan ngemil saat malam hari. Seorang ahli menyarankan untuk meminum teh, mengemut permen, atau memakan yogurt sebagai pengganti camilan di malam hari.Meski demikian, jangan lupa untuk menyikat gigi setelahnya. Langkah ini akan mencegah Anda mengonsumsi makanan atau minuman manis lainnya.

3. Kurangi Minuman Berwarna

Minuman berwarna memiliki kandungan kalori yang tinggi, namun tidak dapat mengurangi rasa lapar. Jika haus, sebaiknya konsumsilah air mineral, susu rendah lemak, atau jus buah asli. Coba juga minum segelas jus sayuran yang bernutrisi dan rendah kalori untuk mengurangi rasa lapar.

4. Perbanyak Makan Sayur

Konsumsilah makanan yang rendah kalori. Ubah perbandingan sayuran dan daging yang biasa Anda konsumsi. Perbanyak jumlah sayur dan kurangi konsumsi daging secara berlebih. Atau, Anda bisa memakan salad atau sup kaldu sebelum memulai makan siang atau makan malam.Makan makanan sehat seperti sayur adalah salah satu cara diet tanpa menahan rasa lapar yang bisa Anda coba.

5. Konsumsi Gandum

Dengan mengganti asupan biji-bijian olahan dengan gandum, Anda sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dengan lebih cepat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makan pun secara tidak langsung dapat berkurang. Pilihlah roti dan pasta gandum, beras merah, popcorn, dan biskuit gandum untuk asupan sehari-hari.

6. Pilih Bahan Makanan Sehat

Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa diet adalah dengan mengatur lingkungan Anda. Dimulai dengan menyimpan hanya bahan-bahan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi godaan untuk mengonsumsi makanan yang tidak bernutrisi.Bahkan ketika Anda sedang datang ke pesta, Anda disarankan untuk makan sehat sebelumnya, supaya di pesta tersebut rasa lapar tidak menyerang.

7. Kurangi Porsi Makan

Tips efektif lainnya agar berat badan turun secara alami adalah dengan mengurangi porsi makan paling tidak 10-20%. Percaya atau tidak, porsi di restoran dan di rumah umumnya jauh lebih besar dibanding kebutuhan Anda.

8. Perbanyak Berjalan Kaki

10.000 langkah per hari merupakan angka yang produktif untuk membantu mengurangi berat badan tanpa diet. Setiap harinya, lakukan apapun yang Anda bisa untuk tetap aktif. Mulai dari berjalan bolak-balik ketika sedang menelelpon, mengajak anjing berkeliling komplek, atau berjalan di tempat saat ada jeda iklan di tengah acara yang Anda tonton di televisi.Selain bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan, manfaat jalan kaki lainnya adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke, menguatkan tulang, hingga membakar lemak.

9. Tambahkan Protein pada Makanan & Camilan

Menambahkan protein pada makanan dan camilan Anda dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. Cobalah mengonsumsi yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, dan juga telur. Para ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan secara lebih sering, namun dalam porsi yang lebih sedikit (setiap 3-4 jam).

10. Pilih Makanan Alternatif

Sebisa mungkin, pilihlah makanan yang rendah lemak. Sebagai contoh, mulailah beralih ke topping rendah lemak untuk salad, mengganti mayones dengan mustard sebagai olesan sandwich, atau mengganti kentang dengan ubi.Itulah 10 cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dapat Anda ikuti. Ingat, yang paling penting bukanlah menurunkan berat badan secara cepat, tapi secara konsisten. Selamat mencoba!
berat badan ideal
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait