17 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Tanpa ke Dokter


Cara meningkatkan kualitas sperma perlu Anda pahami agar cepat membuahi sel telur. Infertilitas adalah masalah kesuburan yang dialami oleh satu diantara enam pasangan.

(0)
02 May 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara meningkatkan kualitas sperma agar cepat membuahiInfertilitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia.
Infertilitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia. Masalah ini dialami setidaknya satu dari enam pasangan, dengan satu dari tiga kasus adalah karena masalah kesuburan pada pria.Meskipun ketidaksuburan tidak selalu dapat diobati, Anda tetap bisa berupaya untuk meningkatkannya dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan diet yang sehat, mengonsumsi suplemen, hingga menjalani strategi gaya hidup sehat lainnya.

Infertilitas pada pria

Kesuburan mengacu pada kemampuan seseorang untuk bereproduksi dengan cara alami. Ketidaksuburan pria terjadi ketika seorang pria sulit untuk membuat pasangannya hamil. Hal ini biasanya terjadi karena ada masalah pada kualitas sel sperma.Berikut ini merupakan aspek seksual dan kualitas cairan sperma yang dapat memengaruhi kesuburan:
  1. Libido, yaitu dorongan seks.
  2. Disfungsi ereksi, yang juga dikenal sebagai impotensi, adalah sebuah kondisi di mana penis tidak mampu atau mempertahankan ereksi.
  3. Jumlah sperma, yaitu terkait dengan kualitas air mani berupa jumlah atau konsentrasinya dalam jumlah tertentu.
  4. Motilitas sperma, yaitu fungsi sperma terkait kesehatan serta kemampuannya untuk mencapai dan membuahi sel telur.
  5. Kadar testosteron, yaitu hormon seks yang memengaruhi kesuburan pada pria.
Selain dari aspek seksual dan cairan sperma, infertilitas juga dapat terjadi akibat diet, kondisi kesehatan, kebugaran, dan adanya kontaminasi.

Kriteria kualitas sperma yang baik

Sebelum mengulik lebih jauh mengenai cara meningkatkan kualitas sperma, Anda perlu mengetahui bagaimana kriteria kualitas sperma yang berkualitas dan sehat. Sperma yang sehat ditentukan dari beberapa faktor, meliputi:

1. Jumlah sperma

Jumlah normal rata-rata sperma adalah antara 15–120 juta sperma per mililiter air mani yang dikeluarkan saat mengalami ejakulasi.Apabila jumlah sperma kurang dari jumlah normal raya-rata atau sangat sedikit, pasangan Anda kemungkinan akan lebih sulit hamil karena jumlah sperma yang mampu bergerak hingga menuju sel telur juga lebih sedikit.

2. Pergerakan sperma

Kecepatan dan arah pergerakan sperma juga bisa memengaruhi kualitas sperma Anda. Sperma yang berkualitas dan sehat adalah sperma yang memiliki kecepatan gerak cepat dalam perjalanannya menuju sel telur dan berhasil membuahinya.

3. Bentuk sperma

Bentuk sperma juga tak boleh Anda abaikan untuk melihat tingkat kesuburan pria. Sperma yang sehat adalah sperma yang memiliki struktur kepala berbentuk lonjong dengan ekor yang terlihat panjang.Ekor pada sperma berguna untuk membantu sperma bergerak menuju sel telur. Semakin banyak sperma dengan bentuk normal yang Anda miliki, maka semakin mudah pula sperma-sperma tersebut bergerak mencapai sel telur dan membuahi.

Cara meningkatkan kualitas sperma pria

Berikut ini adalah 17 cara meningkatkan kualitas sperma yang dapat Anda lakukan sebagai cara meningkatkan kesuburan pria:

1. Suplemen asam aspartat

Suplemen asam D-aspartat (D-AA) dapat meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan pada pria infertil atau pria dengan kadar testosteron rendah.

2. Olahraga secara teratur

Berolahraga tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja fisik, tetapi juga meningkatkan kadar testosteron Anda. Berdasarkan hasil beberapa studi, terbukti bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang tidak aktif.Berolahraga, bahkan yang ringan sekalipun, membantu meningkatkan kuantitas, pergerakan, dan bentuk sperma. Studi juga menemukan, indeks massa tubuh yang tinggi namun aktivitas fisik rendah dapat berkontribusi negatif terhadap kualitas sperma. Anda bisa memilih jenis olahraga yang disukai dan dirasa bisa rutin dilakukan. Misalnya, jalan kaki 20 menit per hari atau melakukan push-up. Namun ingat, jangan berlebihan.

3. Vitamin C

Stres oksidatif dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan suplemen antioksidan, seperti vitamin C, dapat meningkatkan kesuburan.Vitamin C berkontribusi dalam peningkatan jumlah sperma. Bahkan di beberapa kasus, vitamin C dapat menambah jumlah sperma hingga dua kali lipat dalam beberapa bulan .Beberapa sumber vitamin C yang mudah dicari, yaitu jeruk, kentang, stroberi, dan sayur bayam.

4. Istirahat dan kurangi stres

Kurang istirahat dan stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan mengganggu kesuburan Anda. Saat Anda stres, hormon kortisol akan dilepaskan tubuh dan berpengaruh negatif terhadap hormon testosteron. Untuk itu, Anda dapat melakukan penanganan stres dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti berjalan-jalan di alam, bermeditasi, berolahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan kadar testosteron Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang kekurangan vitamin D lebih mungkin memiliki tingkat testosteron yang rendah. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen vitamin D dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D adalah rutin berjemur di bawah sinar mentari 10-30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk Anda yang berkulit terang. Sedangkan orang dengan kulit gelap membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Vitamin D juga terkandung di makanan seperti ikan salmon, ikan sarden, tiram, udang, dan kuning telur. Apabila terasa sulit, konsultasikan dengan dokter untuk kemungkinan pemberian suplemen vitamin D.

6. Konsumsi tribulus terrestris

Tribulus terrestris, yang juga dikenal sebagai puncturevine, adalah ramuan obat yang sering digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria.Satu studi pada pria dengan jumlah sperma rendah menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram akar tribulus setiap hari selama dua bulan meningkatkan fungsi ereksi dan libido.

7. Suplemen fenugreek

Selain itu, suplemen fenugreek juga terbukti meningkatkan kadar testosteron secara signifikan. Beberapa ilmuwan yang meneliti penggunaan fenugreek mendapatkan suplemen ini mampu meningkatkan aktivitas seksual dan libido. Namun perlu diingat, sebagian besar penelitian menggunakan suplemen ekstrak biji fenugreek.

8. Suplemen zinc

Suplemen zinc juga dapat mengurangi penurunan kadar testosteron yang terkait dengan latihan intensitas tinggi yang berlebihan. Mengonsumsi suplemen zinc dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan pada pria dengan kondisi zinc rendah.

9. Asupan ashwagandha

Ashwagandha adalah ramuan obat yang dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan pria. Temuan ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen ashwagandha bisa meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, status antioksidan, dan kadar testosteron.

10. Konsumsi akar maca

Terakhir, mengonsumsi suplemen akar maca dapat meningkatkan libido, serta kesuburan, dan kinerja seksual.

11. Berhenti merokok

Sebuah studi dari tahun 2016 membuktikan, sekitar 6 ribu partisipan pria yang merokok mengalami penurunan jumlah sperma. Ditambah lagi, para peneliti juga menemukan bahwa pria yang merokok memiliki kualitas sperma yang tidak baik, dibandingkan pria yang tidak merokok.

12. Konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi

Menurut sebuah studi dari tahun 2019, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat menjadi cara meningkatkan kesuburan pria yang ampuh.Beberapa antioksidan, seperti beta karoten, lutein, hingga vitamin C, dianggap dapat membantu tubuh memproduksi jumlah sperma yang banyak, sehingga kesuburan meningkat.

13. Cukupi kebutuhan vitamin B

Vitamin B12 (kobalamin) melindungi sperma dari peradangan dan tekanan oksidatif yang merusak sel. Sedangkan vitamin B9 (folat) juga penting untuk pria, karena kekurangan vitamin ini berkaitan dengan penurunan kualitas sperma.Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging sapi, ikan, dan produk susu. Sedangkan sumber folat yaitu sayur bayam, kuning telur, pisang, sayur brokoli, jamur, dan hati sapi.

14. Upayakan berat badan ideal

Berat badan ideal tak sekadar persoalan percaya diri. Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko terhadap masalah medis, termasuk risiko tak subur. Berolahraga teratur dan menjaga asupan kalori menjadi cara paling sehat untuk mengontrol berat badan.

15. Tidur yang cukup

Kurang istirahat atau tidur yang berlebihan dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma. Durasi tidur yang disarankan untuk orang dewasa yakni 7-9 jam setiap harinya.

16. Batasi konsumsi alkohol

Selain kafein, alkohol yang berlebihan pun merusak kualitas sperma, terutama jumlah dan pergerakannya. Jika Anda memang perlu minum alkohol, empat gelas minuman beralkohol dalam seminggu menjadi batasan maksimal yang dibolehkan.

17. Hindari paparan zat kimia tertentu

Zat kimia berbahaya tertentu dapat merusak jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma. Beberapa jenis zat kimia yang utama harus dihindari yaitu:
  • Tembaga, banyak terdapat di pipa-pipa, cat, tanah, dan di rumah-rumah tua
  • Aseton, terdapat di piring plastik, kemasan plastik serta bahan konstruksi
  • Uap merkuri, ditemukan di debu logam dan partikel kecil di area pabrik yang ada di udara
Anda bisa meminimalisir paparan zat tersebut dengan saksama membaca kandungan produk (termasuk makanan), serta mengganti bahan plastik dengan bahan lain (seperti stainless steel, gelas, dan plastik yang dapat terurai).Itulah beberapa cara yang patut Anda coba untuk dapat meningkatkan kesuburan. Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan gaya hidup yang sehat dan seimbang untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan lancar.
perawatan kesuburanmeningkatkan kesuburan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/boost-male-fertility-sperm-count
Diakses pada Oktober 2018
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320010#natural-remedies
Diakses pada 22 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-high-in-vitamin-d
Diakses pada 28 Oktober 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-from-sun
Diakses pada 28 Oktober 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287677.php
Diakses pada 28 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait