Salah satu cara meningkatkan kesuburan pria adalah mengurangi stres
Infertilitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia.

Infertilitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia. Masalah ini dialami setidaknya satu dari enam pasangan, dengan satu dari tiga kasus adalah karena masalah kesuburan pada pria.

Meskipun ketidaksuburan tidak selalu dapat diobati, Anda tetap bisa berupaya untuk meningkatkannya dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan diet yang sehat, mengonsumsi suplemen, hingga menjalani strategi gaya hidup sehat lainnya.

Infertilitas pada Pria

Kesuburan mengacu pada kemampuan seseorang untuk bereproduksi dengan cara alami. Ketidaksuburan pria terjadi ketika seorang pria sulit untuk membuat pasangannya hamil. Hal ini biasanya terjadi karena ada masalah pada kualitas sel sperma.

Berikut ini merupakan aspek seksual dan kualitas cairan sperma yang dapat memengaruhi kesuburan:

  1. Libido, yaitu dorongan seks.
  2. Disfungsi ereksi, yang juga dikenal sebagai impotensi, adalah sebuah kondisi di mana penis tidak mampu atau mempertahankan ereksi.
  3. Jumlah sperma, yaitu terkait dengan kualitas air mani berupa jumlah atau konsentrasinya dalam jumlah tertentu.
  4. Motilitas sperma, yaitu fungsi sperma terkait kesehatan serta kemampuannya untuk mencapai dan membuahi sel telur.
  5. Kadar testosteron, yaitu hormon seks yang memengaruhi kesuburan pada pria.

Selain dari aspek seksual dan cairan sperma, infertilitas juga dapat terjadi akibat diet, kondisi kesehatan, kebugaran, dan adanya kontaminasi.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Berikut ini adalah 10 langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara meningkatkan kesuburan pria:

1. Suplemen Asam Aspartat

Suplemen asam D-aspartat (D-AA) dapat meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan pada pria infertil atau pria dengan kadar testosteron rendah.

2. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja fisik, tetapi juga meningkatkan kadar testosteron Anda. Berdasarkan hasil beberapa studi, terbukti bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang tidak aktif.

3. Vitamin C

Stres oksidatif dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan suplemen antioksidan, seperti vitamin C, dapat meningkatkan kesuburan.

4. Istirahat dan Kurangi Stres

Kurang istirahat dan stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan mengganggu kesuburan Anda. Untuk itu, Anda dapat melakukan penanganan stres dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti berjalan-jalan di alam, bermeditasi, berolahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan kadar testosteron Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang kekurangan vitamin D lebih mungkin memiliki tingkat testosteron yang rendah. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen vitamin D dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

6. Konsumsi Tribulus Terrestris

Tribulus terrestris, yang juga dikenal sebagai puncturevine, adalah ramuan obat yang sering digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria. Satu studi pada pria dengan jumlah sperma rendah menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram akar tribulus setiap hari selama dua bulan meningkatkan fungsi ereksi dan libido.

7. Suplemen Fenugreek

Selain itu, suplemen fenugreek juga terbukti meningkatkan kadar testosteron secara signifikan. Beberapa ilmuwan yang meneliti penggunaan fenugreek mendapatkan suplemen ini mampu meningkatkan aktivitas seksual dan libido. Namun perlu diingat, sebagian besar penelitian menggunakan suplemen ekstrak biji fenugreek.

8. Suplemen Zinc

Suplemen zinc juga dapat mengurangi penurunan kadar testosteron yang terkait dengan latihan intensitas tinggi yang berlebihan. Mengonsumsi suplemen zinc dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan pada pria dengan kondisi zinc rendah.

9. Asupan Ashwagandha

Ashwagandha adalah ramuan obat yang dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan pria. Temuan ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen ashwagandha bisa meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, status antioksidan, dan kadar testosteron.

10. Konsumsi Akar Maca

Terakhir, mengonsumsi suplemen akar maca dapat meningkatkan libido, serta kesuburan, dan kinerja seksual.

Itulah beberapa cara yang patut Anda coba untuk dapat meningkatkan kesuburan. Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu memperhatikan gaya hidup yang sehat dan seimbang untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan lancar.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/boost-male-fertility-sperm-count

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed