Catat! Ini 5 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh Anda


Ada banyak manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh Anda, mulai dari mencegah radikal bebas hingga menyehatkan pencernaan. Selain itu, apa manfaat lain yang bisa didapatkan dari buah ini?

(0)
18 Feb 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Karena bijinya sedikit, manfaat jambu kristal semakin banyak bagi kesehatanJambu kristal memiliki biji yang lebih sedikit
Bagi Anda yang pernah membeli jambu kristal pasti paham bahwa harga varian jambu yang satu ini lebih mahal dibanding kawan-kawannya. Rupanya di balik nilai ekonomi yang lebih tinggi itu, tersimpan pula manfaat jambu kristal untuk kesehatan yang tidak bisa diremehkan.Dari tampilan fisiknya, jambu kristal (Psidium guajava L.) mungkin mirip dengan jambu biji pada umumnya. Ia memiliki bobot buah sekitar 250-500 gram dan memiliki permukaan buah yang tidak rata.Meski demikian, keunggulan jambu kristal terletak pada daging buahnya yang tebal dan hanya memiliki biji kurang dari 3 persen sehingga kerap disebut sebagai jambu yang nyaris tak berbiji. Daging buahnya juga renyah dan mengandung banyak air.

Kandungan dalam buah jambu kristal

Nutrisi paling khas dari jambu kristal adalah kandungan vitamin C yang jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari jeruk. Vitamin C ini terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luar jambu kristal. Kandungan vitamin C ini akan mencapai puncaknya ketika menjelang matang.Jambu kristal juga merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Jenis serat yang paling banyak terdapat pada jambu kristal adalah pektin yang merupakan jenis serat larut air.Menurut Kementerian Pertanian Amerika, ada banyak kanduungan yang bisa Anda rasakan manfaatnya dalam 100 gram jambu biji. Kandungan tersebut adalah 68 kalori, 14 gram karbohidrat, 8 gram gula, 417 mg potasium, hingga 624 IU vitamin A.

Manfaat jambu kristal untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan-kandungan di atas, manfaat jambu kristal untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:
  • Menangkal radikal bebas

Manfaat jambu kristal yang utama terletak pada kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat banyak. Vitamin C ini dapat bertindak sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga munculnya berbagai jenis kanker.Bagi Anda yang sedang sariawan, kandungan vitamin C pada jambu kristal juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhannya. Sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan pun ikut meningkat karena kandungan dari vitamin C pada jambu kristal ini.
  • Menyehatkan saluran cerna

Manfaat jambu kristal selanjutnya ialah menyehatkan saluran cerna. Bukan rahasia lagi bahwa konsumsi makanan kaya serat merupakan langkah mudah untuk menyehatkan saluran cerna. Serat makanan akan meningkatkan massa feses dan mencegah Anda mengalami konstipasi maupun diare.
  • Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan juga menjadi manfaat jambu kristal! Serat juga dapat memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Manfaat jambu kristal dari kandungan seratnya ini bisa juga berupa menurunkan penyerapan gula ke dalam tubuh dan meningkatkan ekskresi asam empedu.
  • Meringankan gejala flu

Manfaat jambu kristal lainnya adalah menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan munculnya gejala flu, terutama batuk. Makan jambu kristal dipercaya dapat mengurangi lendir di tenggorokan sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.
  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat jambu kristal juga mengandung vitamin A yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi jambu kristal secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai gangguan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, rabun ayam, hingga katarak.Meski demikian, manfaat jambu kristal di atas belum pernah terbukti secara medis. Bila mengalami penyakit seperti disebutkan sebelumnya, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Cara terbaik mengonsumsi jambu kristal

Untuk mendapatkan manfaat jambu kristal di atas, Anda cukup mengonsumsinya dalam keadaan segar. Pastikan Anda telah mencuci bersih kulit jambu kristal dengan air mengalir, agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan kebersihan makanan.Karena tekstur daging buahnya yang agak keras, jambu kristal juga cocok dinikmati sebagai campuran buah pada rujak. Anda pun bisa menikmati olahan jambu kristal lainnya dalam bentuk manisan.
makanan sehatbuah dan sayuran
Institut Pertanian Bogor. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/85918/1/G16ntd.pdf
Diakses pada 17 Februari 2020
Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/40520/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 17 Februari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324758
Diakses pada 17 Februari 2020
Kementerian Sosial RI. https://sikapdaya.kemsos.go.id/uploads/downloadable_file/pemantapan-kewirausahaan-kt-budidaya-jambu-kristal-eep-saepudinpdf_5d19c2382d5c1.pdf
Diakses pada 17 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait