Jenis Buah-Buahan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai jenis buah rendah kalori dapat membuat Anda lebih merasa kenyang, sehingga mencapai defisit kalori untuk menurunkan berat badan
Untuk dapat menurunkan berat badan, Anda harus berada dalam kondisi defisit kalori

Menurunkan berat badan dengan efektif masih menjadi masalah pelik bagi banyak orang. Hal ini terbukti dengan larisnya produk penurun berat badan yang tersedia di online shop. Anda harus berhati-hati terhadap produk tersebut, karena berisiko menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya, kunci dari mengubah bobot terletak pada kalori makanan yang Anda konsumsi. Untuk menurunkan berat badan, pastikan kalori dari makanan yang Anda konsumsi tidak melebihi kalori (energi) yang digunakan atau dibakar. Dengan kata lain, Anda harus menciptakan kondisi defisit kalori atau defisit energi.

Anda bisa meraih defisit kalori dengan mengonsumsi jenis buah-buahan yang rendah kalori. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keinginan mengonsumsi camilan tidak sehat dan berkalori tinggi. Selain itu, ketahui pula kebutuhan kalori harian tubuh Anda, melalui kalkulator gizi atau berkonsultasi dengan ahli gizi.

Jenis buah-buahan rendah kalori untuk menurunkan berat badan

Buah tak hanya makanan alami, yang memiliki nilai gizi tinggi untuk menyokong kesehatan Anda. Beberapa jenis buah-buahan berikut ini, mengandung sedikit kalori, yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan sehat.

  • Buah semangka

Buah semangka mengandung banyak air, namun rendah kalori. Sehingga, buah ini cocok Anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan air di semangka dapat memastikan Anda berada dalam kondisi terhidrasi. Dengan begitu, Anda dapat bekerja lebih optimal. Selain itu, kondisi terhidrasi membuat tubuh bisa membedakan rasa lapar dan rasa haus, yang juga membantu Anda terhindar dari keinginan untuk menyantap camilan.

  • Buah apel

Buah apel kaya dengan serat pangan, dengan kalori yang sedikit. Satu buah apel berukuran besar, mengandung 5,4 gram, dengan 116 kalori saja.

Serat dalam buah apel dapat membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan, buah apel efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Cobalah untuk mengonsumsi apel dengan memakannya langsung, bukan dalam bentuk jus. Anda pun bisa memotongnya dan menambahkan ke sereal, yogurt, atau salad.

  • Buah pir

Buah pir juga kaya akan serat, yakni serat pektin, yang membantu Anda mengurangi keinginan makan berlebih. Tak hanya untuk mengurangi berat badan, jenis buah-buahan ini juga dapat menurunkan level kolesterol serta memperkecil risiko penyakit jantung koroner.

Jika Anda terbiasa mengupas buah pir sebelum memakannya, maka cobalah untuk mengonsumsi buah ini langsung dengan kulitnya. Dengan begitu, asupan serat dalam pir lebih banyak Anda dapatkan. Namun pastikan buah pir pilihan Anda, dalam kondisi bersih.

  • Buah-buah beri

Buah-buahan beri, seperti blueberry dan stroberi, merupakan kelompok buah bernutrisi tinggi, yang rendah kalori. Misalnya, dalam secangkir buah stroberi, terkandung 3,5 gram serat, serta dapat memenuhi 150% kebutuhan harian untuk vitamin C. Namun, buah stroberi dengan takaran tersebut, hanya mengandung kurang dari 50 kalori.

Buah-buah beri dapat membantu menurunkan berat badan, karena juga memberikan sensasi mengenyangkan. Bahkan, beberapa penelitian juga membuktikan, kelompok buah ini dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan peradangan.

[[artikel-terkait]]

  • Buah kiwi

Buah kiwi mungkin tidak sepopuler buah jeruk, stroberi, atau semangka. Namun, buah ini kaya akan gizi seperti vitamin C, vitamin E, dan serat, dan cocok untuk menurunkan berat badan Anda. Telah banyak penelitian yang membuktikan, buah kiwi dapat membantu mengurangi bobot tubuh.

Anda bisa mengonsumsi jenis buah ini langsung, atau mengupasnya terlebih dahulu. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan kiwi ke sereal atau salad Anda.

  • Buah melon

Seperti semangka, melon juga jenis buah yang mengandung banyak air dan rendah kalori. Walau rendah kalori, melon kaya dengan serat, kalium, vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Dengan kandungan air dan seratnya, buah ini bisa Anda santap untuk menurunkan berat badan.

Selain mengonsumsi jenis buah-buahan di atas untuk menurunkan berat badan, pastikan Anda juga makan lebih sedikit. Tahan pula diri Anda untuk tidak ikut-ikutan membeli makanan yang diproses dan junk food.

Aktivitas fisik juga penting untuk Anda lakukan, untuk mengoptimalkan pembakaran kalori. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan kondisi defisit kalori, demi menurunkan berat badan.

Healthly Women. https://www.healthywomen.org/content/article/best-fruits-weight-loss

Diakses pada 9 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits

Diakses pada 9 September 2019

 

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/top-five-fruits-for-weight-loss-1087931

Diakses pada 9 September 2019

 

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-a-calorie-deficit-3495538

Diakses pada 9 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed