7 Cara Mengeringkan Rambut dengan Cepat dan Tanpa Ribet


Berapa kali Anda pernah merasa terburu-buru akan berangkat namun rambut masih basah? Sebenarnya, ada cara mengeringkan rambut dengan cepat . Beberapa di antaranya adalah menyisir saat keramas, menggunakan handuk mikrofiber, membungkus rambut hingga melakukan rough dry.

0,0
18 Oct 2021|Azelia Trifiana
Mengeringkan rambut setelah mandiMengeringkan rambut setelah mandi
Berapa kali Anda pernah merasa terburu-buru akan berangkat namun rambut masih basah? Sebenarnya, ada cara mengeringkan rambut dengan cepat sehingga tidak menyita waktu. Semua cara ini mudah dan tentu saja efektif.
Bahkan, bagi yang ingin tahu cara mengeringkan rambut tanpa hair dryer, ini bisa dicoba. Menarik memang. Sebab, paparan panas dari hair dryer terus-menerus tentu tidak baik untuk rambut.

Cara mengeringkan rambut dengan cepat

Perlu waktu sekitar 30 menit bahkan lebih hingga rambut bisa benar-benar kering. Tergantung pada panjang rambut, aktivitas, cuaca, dan banyak lagi. Lalu, apa saja cara mengeringkan rambut dengan cepat sekaligus efektif?

1. Menyisir saat keramas

Jika kebiasaan Anda selama ini masih seperti orang kebanyakan yaitu menyisir setelah mandi, metode yang satu ini bisa dicoba. Caranya adalah menyisir rambut setelah memakai kondisioner. Tentunya, jenis sisir yang direkomendasikan adalah dengan gigi jarang.Cara ini bisa sangat berbeda karena kondisioner memiliki lapisan silikon. Ini akan menempel pada tiap helai rambut dan membuatnya seperti tahan air.

2. Tak perlu memakai handuk

Masih suka mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk? Ini cara usang yang sudah saatnya ditinggalkan. Bahkan, gerakan menggosok rambut berlebihan hanya akan merusak kutikula rambut.Alternatifnya, gunakan handuk berbahan microfiber yang lembut. Tekstur yang lembut ini akan membantu menyerap air tanpa membuat helaian rambut jadi kering.

3. Membungkus rambut

Cara mengeringkan rambut tanpa hair dryer berikutnya disebut dengan metode plopping. Istilah lainnya adalah membungkus rambut basah. Anda bisa menggunakan kain atau kaus berbahan katun.Pertama-tama, letakkan kaos di bidang mendatar seperti kasur. Posisi leher dan lengan berada dekat dengan Anda. Kemudian, letakkan rambut ke arah kaus. Ambil bagian bawah kaus ke arah leher, lalu gulung sisanya ke arah wajah. Terakhir, ikat kedua lengannya.Biarkan rambut terbungkus selama 10-20 menit. Lalu, buka dan biarkan kering secara alami. Metode ini cocok bagi yang berambut keriting karena mencegahnya kusut.

4. Lakukan aktivitas yang lain

Benar jika ada anggapan bahwa hair dryer bisa merusak rambut karena paparan panasnya. Utamanya, jika digunakan terus-menerus. Jadi, kelola waktu dengan baik. Jika memang berencana keramas sebelum pergi, sebaiknya lakukan itu pertama kali.Barulah kemudian, lakukan aktivitas atau persiapan yang lain sembari rambut kering secara alami. Dengan demikian saat sudah selesai semua atau siap berangkat, rambut pun juga sudah tidak terlalu basah.

5. Rough-dry

Ada cara mengeringkan rambut dengan cepat sekaligus aman yang disebut dengan rough-dry. Sama seperti melakukan blowout, namun ketahui strateginya. Utamanya, jangan lakukan saat rambut sedang sangat basah karena hanya akan membuang waktu saja.Jadi, pastikan rambut sudah lebih kering dengan cara membungkusnya dengan handuk microfiber. Lalu aplikasikan krim pelindung dari panas. Setelah itu, lakukan rough-dry yaitu mengeringkan rambut hanya dengan tangan.Fokusnya adalah pada akar rambut. Idealnya, tunggu hingga rambut 30-40% kering sebelum mulai melakukan metode rough-dry.

6. Turunkan suhu hair dryer

Jika memang sedang merasa perlu menggunakan hair dryer, sebaiknya atur suhunya agar tidak terlalu tinggi. Selain itu, aplikasikan pula krim pelindung dari panas di rambut. Rekomendasinya adalah menggunakan hair dryer dengan tenaga ion karena bisa membuat rambut cepat kering sekaligus berkilau.

7. Keringkan di luar kamar mandi

Mengeringkan rambut di dalam kamar mandi sembari beraktivitas lain seperti memakai skincare atau gosok gigi adalah hal yang sia-sia. Sebab, kelembapan kamar mandi akan menghambat proses mengeringnya rambut. Jadi, sebaiknya segera keluar kamar mandi apabila ingin segera mengeringkan rambut.

Catatan dari SehatQ

Tak ada salahnya mencoba beberapa cara mengeringkan rambut dengan cepat seperti yang ada dalam daftar di atas. Bukan hanya membuat waktu jadi lebih ringkas, ini juga menjaga rambut agar tidak rusak karena terus-menerus terpapar panas dari hair dryer.Selain itu, kini tak perlu lagi menggosok rambut secara berlebihan karena hanya akan membuatnya mudah rusak. Ganti dengan handuk berbahan microfiber yang lebih cepat menyerap kelembapan rambut.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar tanda-tanda kerusakan rambut akibat paparan panas berlebih, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Brides. https://www.brides.com/story/tips-how-to-dry-hair-faster
Diakses pada 4 Oktober 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/how-to-dry-hair-fast
Diakses pada 4 Oktober 2021
Bustle. https://www.bustle.com/articles/175238-how-to-dry-thick-hair-fast-with-11-expert-tips-products
Diakses pada 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait