8 Ide Bahan Pembicaraan yang Netral dan Tidak Bikin Tersinggung


Salah satu daya tarik seseorang adalah ketika mereka menyenangkan diajak ngobrol. Ini juga bisa melambangkan kecerdasan seseorang karena menunjukkan kemampuannya memilah bahan pembicaraan yang layak dan tidak.

0,0
13 Oct 2021|Azelia Trifiana
Hindari menggunakan topik pembicaraan yang terlalu personalHindari menggunakan topik pembicaraan yang terlalu personal
Salah satu daya tarik seseorang adalah ketika mereka menyenangkan diajak ngobrol. Ini juga bisa melambangkan kecerdasan seseorang karena menunjukkan kemampuannya memilah bahan pembicaraan yang layak dan tidak.Lebi jauh lagi, topik pembicaraan ini cukup menantang untuk dikulik. Ada yang tetap menarik meski hanya topik sepele. Di sisi lain, ada juga topik yang sebaiknya dihindari ketika memulai obrolan dengan lawan bicara.

Bahan pembicaraan yang direkomendasikan

Tak perlu ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. Namun, ada kalanya tidak ada inspirasi apa yang ingin dibicarakan. Berikut ini ada beberapa bahan pembicaraan yang direkomendasikan:

1. Cuaca

Berlaku universal di penjuru dunia, topik pembicaraan tentang cuaca memang sudah jadi salah satu yang terpopuler. Terasa membosankan? Setidaknya, ini adalah bahan obrolan netral yang bisa didiskusikan semua orang dari berbagai latar belakang.Tidak perlu mencari topik terlalu rumit, bisa dengan melihat cuaca saat sedang berbincang. Ini juga bisa memecahkan awkward silence ketika tak ada satupun yang berbicara.

2. Seni dan hiburan

Ini adalah bahan obrolan yang juga tak ada habisnya. Bisa membahas buku, musik, film, atau restoran. Dari situ, Anda bisa saling bertukar rekomendasi dan pendapat tentang topik yang dibicarakan.Namun ingat, ketika lawan bicara Anda belum membaca buku atau menonton film yang ditanyakan, tidak perlu membahasnya terlalu detail. Cari alternatif bahan obrolan lain yang sama-sama disukai.

3. Olahraga

Topik favorit seputar olahraga bisa membahas tentang klub favorit atau pertandingan yang baru berlangsung. Sebut saja Olimpiade yang tentu menarik perhatian semua orang.Meski demikian, hindari membicarakan hal buruk tentang atlet favorit lawan bicara jika memang kalian berada di sisi yang berseberangan. Fokus pada topik obrolan seperti performa atlet atau timnya.

4. Keluarga

Bahan pembicaraan pembuka percakapan bisa dengan membahas tentang keluarga. Tanyakan hal-hal netral dan saling menimpali ketika mereka menanyakan hal yang sama. Topik seputar keluarga bisa menjadi cara untuk mengenal lawan bicara dalam waktu singkat.Namun, garis bawahi bahwa jangan bertanya hal-hal sensitif seputar keluarga. Contohnya seputar rencana memiliki anak, kehamilan, menambah anak, dan sebagainya. Lebih baik memastikan topik tetap netral daripada menyinggung hal-hal yang sensitif.

5. Makanan

Bahan pembicaraan yang satu ini juga menjadi favorit karena banyak disukai orang. Membicarakan rekomendasi makanan dan juga restoran legendaris bisa mencairkan suasana dalam waktu singkat.Tidak terbatas seputar rekomendasi kuliner saja, bahan obrolan seputar makanan juga bisa meliputi gaya hidup sehat yang tengah dijalani lawan bicara.Namun, ada baiknya tetap berbicara dalam topik positif dan hindari mengeluh soal makanan yang tidak disukai.

6. Perjalanan

Orang suka mendengarkan cerita tentang petualangan saat sedang berlibur. Tak heran, tema seperti ini selalu menjadi topik menarik dan banyak orang ingin mengetahuinya. Jadi, tak ada salahnya mendiskusikan seputar tempat berlibur dan rekomendasinya.

7. Hobi

Selalu ada hal menarik ketika mengulik seputar hobi seseorang. Tak harus hobi yang telah ditekuni sejak lama, bisa juga hal baru yang tengah dicoba. Ketika mendengarkan lawan bicara bercerita seputar hobi mereka, pastikan melontarkan pertanyaan follow-up.

8. Kampung halaman

Orang juga akan kerap mengangkat topik seputar asal muasal atau kampung halaman ketika sedang ngobrol ringan. Bisa dengan membandingkan situasi dulu dan kini, atau mengapa memutuskan untuk merantau. Siapa tahu, ada kesamaan antara lawan bicara dan Anda yang membuat obrolan kian menarik.

Apa yang sebaiknya tidak dibicarakan?

Di sisi lain, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika ingin memulai pembicaraan ringan dengan orang lain. Beberapa di antaranya adalah:
  • Finansial

Sebaiknya jangan bertanya terlalu detail terkait finansial seseorang. Contohnya seputar gaji, pendapatan sebagai freelance, atau bahkan berapa KPR rumah yang sedang dijalani. Sebagian besar akan menganggap pertanyaan semacam ini kurang sopan.
  • Agama dan pilihan politik

Kedua topik ini juga bisa jadi isu sensitif yang sebaiknya tidak dijadikan bahan pembicaraan. Bisa-bisa, situasi jadi memanas dan justru menyinggung lawan bicara.
  • Seks

Jika tidak benar-benar dekat dan mengenal lawan bicara, jangan mengangkat topik seputar seks kepada lawan bicara. Begitu pula dengan lelucon seputar seks karena bisa saja termasuk dalam pelecehan seksual secara verbal.
  • Kematian

Cari topik selain kematian yang sangat berat dan membuat suasana menjadi muram. Ketika sedang bersama orang yang belum terlalu dikenal, sebaiknya hindari topik emosional yang bisa membuat suasana menjadi kurang mengenakkan.
  • Penampilan dan usia

Sudah bukan zamannya membahas seputar penampilan fisik seseorang, terutama jika dikaitkan dengan usia mereka. Hindari topik obrolan seputar penampilan yang tampak seperti sedang hamil, tampak gemuk, atau lebih kurus. Kita tidak pernah tahu alasan di balik perubahan penampilan mereka.
  • Lelucon sensitif

Lelucon yang bersifat rasis atau sensitif sebaiknya dikubur dalam-dalam dan tidak dilontarkan saat sedang berbincang dengan orang lain. Bagi sebagian besar orang, ini adalah hal yang sangat menyinggung perasaan mereka. Tak perlu juga membahas lelucon yang kontroversial atau menyentuh ranah politik.
  • Kesehatan

Masih banyak orang yang mengangkat bahan pembicaraan seputar kesehatan sebagai topik obrolan. Padahal, ini belum tentu menarik. Tidak perlu menggurui orang tentang bagaimana mereka seharusnya mengurus kesehatannya, mengajari obat instan untuk penyakit yang kompleks, atau memberikan saran tanpa diminta.

Catatan dari SehatQ

Beberapa poin di atas dapat membantu panduan ketika mencari bahan pembicaraan dengan orang lain. Jangan sampai terjebak dalam obrolan dangkal dan sensitif. Sebaiknya, cari topik yang netral terutama saat sedang mengobrol dengan orang yang belum terlalu dekat.Bersikap baiklah kepada orang lain, itu garis bawahnya. Dengan demikian, obrolan akan menjadi lebih menyenangkan. Ini juga bisa jadi tolok ukur seseorang apakah Anda orang yang nyaman diajak bicara atau tidak.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makna bahasa tubuh saat sedang berbincang dengan orang lain, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hidup sehatmenjalin hubunganpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/small-talk-topics-3024421
Diakses pada 24 September 2021
American Library Association. https://www.ala.org/educationcareers/employment/career-resources/networking/smalltalk
Diakses pada 24 September 2021
Science of People. https://www.scienceofpeople.com/conversation-starters-topics/
Diakses pada 24 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait